Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Sarang Lebah", Ide Hotel Dadakan yang Gampang Dibuat!

Kompas.com - 25/07/2014, 16:18 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dezeen
KOMPAS.com - Sekelompok desainer asal Belgia mendesain penginapan bagi para pengunjung festival musik. Hunian sementara dengan bentuk menyerupai "sarang lebah" tersebut tidak hanya unik, namun juga efektif.

Hunian tersebut menyediakan akomodasi yang lebih nyaman dan lebih hemat penggunaan lahan, jika dibandingkan dengan tenda. Pasanya, hunian tersebut hanya menggunakan lahan dengan luas sekitar 100m2 untuk memberikan hunian sementara bagi sekitar 50 pelancong.

www.dezeen.com Penginapan mungil berbentuk heksagonal tersebut bernama B-and-Bee. Di dalamnya terdapat sebuah tempat tidur berukuran
Seperti dikutip dalam Dezeen, penginapan mungil berbentuk heksagonal tersebut bernama B-and-Bee. Di dalamnya terdapat sebuah tempat tidur berukuran "king" yang juga bisa diubah menjadi tempat duduk santai. Sementara itu, area di bagian bawah tempat tidur pun bisa dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan barang.

"B-and-Bee bisa dirakit dengan cepat di mana pun dan hanya menggunakan sedikit lahan," ujar tim desain yang terlibat dalam proyek ini.

Menurut mereka, B-and-Bee tidak hanya khusus dirancang sebagai penginapan di lokasi khusus perkemahan. Sekitar lokasi acara juga bisa menjadi tempat pembangunan B-and-Bee.

www.dezeen.com B-and-Bee bisa dirakit dengan cepat di mana pun dan hanya menggunakan sedikit lahan.
Sebagai ujicoba, "hotel" unik ini pun sudah berdiri di festival musik dan teater Belgia, Gentse Feesten 2014. Festival tersebut diadakan hingga 27 Juli 2014 mendatang.

"Untuk memenuhi segala persyaratan dan kebutuhan khusus para pemangku kepentingan, tim kami terus berkonsultasi dengan agensi keamanan, organisasi festival, dan pelayanan urban," imbuh tim desain.

Adapun hasil penemuan Barbara Vanthorre dan Ron Hermans ini semula dicetuskan oleh entrepreneur sosial di Campaan dan Labeur. Keduanya berkolaborasi untuk kompetisi inovasi keberlanjutan di Antwerp. Barbara Vanthorre dan Ron Hermans kemudian bergabung dengan agensi produk, pelayanan, dan desain merk, Achilles Design. Mereka juga selalu berkonsultasi dengan konsultan bisnis, One Small Step.

www.dezeen.com Sebagai ujicoba,
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com