Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Sadar... Salah Duduk Bikin Kesehatan Buruk!

Kompas.com - 23/07/2014, 15:05 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Houzz.com
KOMPAS.com - Jenis kursi yang biasa Anda gunakan rupanya sangat berpengaruh pada kesehatan Anda sendiri. Hal tersebut diungkapkan oleh ahli ergonomis dari Humanics Ergonomic di Austin, Texas, Rani Lueder.

Lueder mengatakan, masyarakat seringkali tidak menyadari bahwa duduk di kursi yang tidak menopang tubuh secara ideal bisa mendatangkan hal buruk bagi kesehatan. Menurut dia, ini adalah sebuah fakta.

"Kita seringkali tidak menyadari seberapa banyak hal buruk yang sudah kita lakukan pada diri kita ketika duduk dengan posisi bungkuk ke depan. Kita pikir sudah merasa nyaman membungkukkan (badan) ke depan, karena otot-otot kita rileks, seolah kita menggeser beban ke ligamen," ujarnya. 

Idealnya, lanjut Lueder, seseorang duduk menyandar pada punggungnya. Tekanan pada tulang punggung bisa terlepas dan membantu meringankan kinerja otot.

www.houzz.com Seseorang duduk menyandar pada punggungnya. Tekanan pada tulang punggung bisa terlepas dan membantu meringankan kinerja otot.
Lebih baik lagi, jika orang tersebut mengangkat kakinya. Tindakan ini membuatnya lebih mudah untuk bersandar. Selain itu, hal ini juga membawa kaki lebih dekat ke jantung, meredakan edema tungkai, kaki bengkak, dan menurunkan detak jantung.

Namun, jika Anda tengah mencari kursi tambahan, Anda bisa memilih beberapa jenis kursi ini. Ada beberapa jenis kursi yang bisa membuat postur tubuh lebih nyaman dan lebih sehat. Menurut Lueder, Anda bisa menggunakan lounge chair, ottoman, recliner, dan chaise longue.

Lounge chair merupakan kursi yang membuat punggung Anda lebih santai. Jika dipadukan dengan ottoman, Anda bisa meluruskan kaki. Jika rumah Anda memiliki luas yang cukup terbatas, Anda bisa menggunakan kursi berlengan yang didesain secara khusus, serta sebuah stool atau bangku kecil.

Recliner juga bisa menjadi pengganti yang hemat tempat jika Anda memiliki luas rumah terbatas. Berbeda dengan chaise longue yang "memakan" banyak tempat, jenis kursi ini "menyimpan" sandaran kaki hingga tidak menghabiskan banyak ruang. Recliner juga sering menjadi pilihan lantaran posisi sandaran bisa diubah sesuai selera.

www.houzz.com Selain merupakan pendekatan yang paling sederhana karena berbentuk one-piece, kursi berbentuk
Seperti sudah disampaikan sebelumnya, chaise longue bisa "memakan" banyak tempat. Seperti namanya, kursi ini memang panjang. Selain merupakan pendekatan yang paling sederhana karena berbentuk one-piece, kursi berbentuk "S" ini juga umumnya tampil cantik. Hanya saja, pemiliknya perlu menempatkan kursi ini di ruang yang cukup besar.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Houzz.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com