Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delapan Langkah Ciptakan Suasana Damai di Rumah

Kompas.com - 22/07/2014, 17:23 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Houzz.com
KOMPAS.com - Berita buruk seolah bertubi-tubi menghiasi televisi, media cetak, dan media digital. Masalah dan tantangan dalam pekerjaan pun menambah tekanan bagi Anda. Untuk itu, Anda perlu pulang ke rumah yang bisa memberikan rasa damai.

Tidak perlu luas, mewah, dan mahal, rumah yang kini Anda miliki sudah cukup melindungi dan menjadi tempat ideal untuk beristirahat. Menurut kontributor Houzz, Laura Gaskill, Anda hanya perlu melakukan beberapa hal berikut ini.

 
Pertama, Anda atau anggota keluarga lain perlu membersihkan permukaan di dalam rumah setiap hari. Rapikan barang-barang menumpuk, termasuk buku-buku, kosmetik, baju, dan perhiasan. Bersihkan juga permukaan rumah dari debu. Dengan cara ini, sejauh mata memandang, rumah yang rapi membuat penghuninya lebih tenang.
 
Kedua, tidak hanya merapikan, Anda pun perlu memberikan tempat khusus bagi barang-barang di rumah. Usahakan, tumpukan barang tidak terlihat. Setiap Anda selesai menggunakan satu barang, kembalikan barang tersebut ke tempatnya. Cara ini jauh lebih mudah dan ringan ketimbang sekaligus merapikan barang-barang.
 
Ketiga, pastikan Anda meminta bantuan kerabat jika merasa kewalahan. Terkadang, rasa damai bisa tercapai jika Anda rela mengakui bahwa Anda membutuhkan bantuan. Bantuan dari tenaga ahli, misalnya untuk membuatkan rak, membetulkan saluran air, atau listrik, bisa menghemat banyak uang dan jauh lebih murah. Anda juga bisa meminta bantuan arsitek untuk merancangkan ruang yang nyaman untuk beristirahat.
 
Keempat, sebisa mungkin masukkan elemen air, tanah, api, besi, dan kayu ke dalam rumah Anda. Tidak perlu melakukannya secara estrem. Gaskill menyarankan menggunakan lukisan air, air mancur mungil, atau semangkuk air dengan hiasan bunga untuk memasukkan unsur air. Dia juga menyarankan Anda memasukkan unsur bebatuan atau tanaman, lilin, furnitur dari besi, dan furnitur dari kayu untuk menyeimbangkan semua elemen.
 
Kunci yang terpenting, menurut Gaskill, adalah menggunakan seminimal mungkin dekorasi. Namun, pastikan dekorasi tersebut bermakna bagi Anda. Bermakna tidak hanya berarti mengandung kenangan. Bermakna juga berarti menginspirasi. 
 
Kelima, pastikan Anda menjaga lantai tetap bersih sepanjang waktu. Sama seperti permukaan, lantai yang bersih juga bisa menambah kenyamanan.
 
Keenam, lembutkan pencahayaan. Sesekali, menggunakan lampu yang menyerupai lilin baik untuk Anda. Lampu yang lembut dan bersinar temaram bisa menemani Anda beristirahat dengan nyaman.
 
Ketujuh, perhatikan juga tekstur di dalam rumah. Jika Anda ingin memasukkan tekstur baru dengan membeli barang-barang baru, pastikan tidak membuat interior jadi lebih penuh.
 
Kedelapan, gunakan wewangian untuk menenangkan Anda. Sebisa mungkin, gunakan wewangian alami, dari minyak-minyak terapi aroma, lilin, atau pembersih ramah lingkungan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Houzz.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com