Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Berburu Hunian Jelang Lebaran

Kompas.com - 22/07/2014, 14:56 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

CIBUBUR, KOMPAS.com - Mencari rumah idaman bisa dilakukan kapan saja. Saat hari biasa atau pun menjelang Hari Raya Idul Fitri 2014. Harga rumah tak akan lebih rendah, sebaliknya justru melambung jika permintaan juga membubung.

Ada beberapa perumahan di kawasan pinggiran Jakarta yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan atau masuk dalam daftar rumah yang harus dimiliki. Dari penelusuran Kompas.com  di Cibubur, Serpong, Depok, dan Bekasi, rumah-rumah dengan akses memadai dan terintegrasi dengan jaringan transportasi APTB atau Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway, sudah menembus angka di atas Rp 1 miliar.

Sebut saja Kota Wisata yang dikembangkan Sinar Mas Land. Klaster terbaru dalam perumahan seluas 1.000 hektar ini, adalah New Hacienda. Harga terendah dibanderol Rp 1,3 miliar untuk rumah ukuran 91/126. Dari total 98 unit, hanya tersisa 10 unit.

Sementara perumahan yang tidak memiliki fasilitas dan jaringan transportasi APTB berkisar di angka Rp 300 juta hingga Rp 1 miliar per unit.

Contohnya adalah Puri Depok Mas, di Depok, Jawa Barat. Perumahan ini menawarkan produk lebih beragam mulai dari rumah tipe kecil hingga besar. Meskipun tidak terintegrasi dengan jaringan transportasi publik namun harganya sudah berada pada posisi Rp 1,9 miliar untuk ukuran 152 meter persegi. Sementara tipe terkecil yakni 36/72 dipatok seharga Rp 450 juta.

Lain lagi dengan Imperial Jaya Park yang dibesut PT Jaya Real Property Tbk. Perumahan yang berada di Serpong, Tangerang Selatan, ini menawarkan klaster terbaru Imperial dengan patokan harga Rp 385 juta untuk dimensi 38/72 hingga Rp 789 juta untuk tipe 85/105.

Seluruh perumahan tersebut di atas akan mengalami peningkatan harga setelah Idul Fitri 2014. Kenaikan berkisar antara 5 sampai 10 persen.

"Harga rumah yang kami tawarkan saat ini merupakan harga lama. Harga akan diperbarui setiap kuartal. Setelah Lebaran akan berubah lebih tinggi sekitar lima hingga sepuluh persen," ujar Staf Marketing Kota Wisata, Fanny kepada Kompas.com, Selasa (22/7/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com