Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Piala Dunia 2018, Rusia Tanam Investasi 14 Miliar Euro

Kompas.com - 22/07/2014, 11:37 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Usai menyaksikan Final Piala Dunia 2014 antara Jerman dan Argentina, di Rio de Janeiro, Brasil, Presiden Rusia Vladimir Putin memastikan untuk membenamkan dana miliaran euro jelang Piala Dunia 2018 mendatang.

Dana investasi senilai 14 miliar euro atau setara Rp 218,5 triliun tersebut dialokasikan untuk pembangunan 11 stadion. Sembilan di antaranya merupakan stadion baru dan tiga stadion lainnya merupakan stadion lama yang akan direnovasi.

Seluruh stadion tersebut akan digunakan sebagai tempat penyelenggaraan pertandingan babak penyisihan mulai 8 Juni hingga final nanti pada 8 Juli 2018. Stadion-stadion tersebut tersebar di empat kota yakni Moskow, St Petersburg, Sochi, dan Kaliningrad.

Selain itu, dana investasi juga akan digunakan untuk membangun 113 pusat pelatihan dan 11 bandara yang terhubung ke pusat-pusat kota melalui pembangunan kereta cepat.

Pengembangan infrastruktur tersebut akan membantu menstimulasi pertumbuhan ekonomi dan sektor riil di Rusia, khususnya perhotelan dan pariwisata.

Khusus di sektor perhotelan, Rusia akan membangun 62 hotel baru di delapan kota penyelenggara pertandingan penyisihan hingga final Piala Dunia 2018. Jumlah hotel tersebut menggenapi total 103 hotel baru akan saat pertandingan pembuka digelar.

Menurut Tophotelprojects, di Moskow saja saat ini terdapat 29 proyek hotel. Termasuk yang tengah menjadi sorotan, yakni The Four Seasons yang berada di sekitar Manezhnaya. Selain itu terdapat The Moskva yang merupakan hotel bersejarah dan dibangun pada 1930-an. Hotel ini kemudian direnovasi dan dijadwalkan beroperasi pada akhir Oktober.

Menyusul berikutnya hotel Mandarin Oriental sebanyak 217 kamar yang akan dibuka untuk publik pada 2016.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com