Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bungker Bekas Perang Dingin Dijual Rp 7 Miliar

Kompas.com - 21/07/2014, 15:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com - Sebuah bungker peninggalan Perang Dingin dijual seharga 350.000 poundsterling atau setara Rp 7 miliar. Bungker ini dirancang sebagai rumah untuk melindungi para pemimpin di Plymouth, Devon, Inggris, dari ancaman musim dingin dan serangan nuklir Uni Soviet (kini Rusia).

Strukturnya terbuat dari beton dan mulai dibangun pada 1952. Bungker ini, memiliki dinding yang sangat tebal dengan 56 kamar di dalamnya. Layaknya bangunan tempo dulu, material yang membentuk bungker ini betul-betul kokoh. Pintunya saja terbuat dari baja anti karat dan ledakan.

www.dailymail.co.uk Di dalam bungker ini terdapat mesin-mesin pemasok energi.
Bangunannya cukup luas, sekitar 2.787 meter persegi dan dapat menampung hingga 150 orang. Di dalam bungker ini terdapat mesin generator yang dapat memasok persediaan panas dan cahaya selama beberapa bulan. Selain itu, terdapat ruang kerja yang memungkinkan pemerintah bisa menjalankan tugasnya bahkan setelah serangan nuklir berakhir.

Mesin generator yang dikembangkan di dalam bungker ini hanyalah sebagai pengganti dari pasokan listrik utama. Melangkah lebih jauh ke bagian belakang, terdapat septic tank  dan tangki bertenaga diesel berisi 30.000 liter.

www.dailymail.co.uk Ruang kerja.
Nama dan kode untuk bungker ini adalah Hope Cove R6. Segala kegiatan yang ada di dalamnya hanya berlangsung sampai 1999 hingga kemudian dibeli oleh petani lokal Trevor Brooking Lethbridge dan Derek.

Pasangan ini menggunakan bungker sebagai ruang penyimpanan arsip dan tempat untuk kegiatan amal dan pertunjukan seni.

www.dailymail.co.uk Salah seorang pemilik dari pasangan Lethbridge dan Derek.
Lethbridge mengatakan, Hope Cove R6 merupakan salah satu dari 17 bungker yang dibangun di seluruh Inggris selama Perang Dingin"Kami memutuskan untuk membelinya meskipun kami tidak tahu apa yang akan kami lakukan kemudian di bungker ini," ujar Lethbridge.

Sementara Derek menjelaskan, mereka membeli bungker ini sebagai investasi. Selain itu, bisa juga digunakan untuk kepentingan komersial atau sebagai tempat pengumpulan dana, kegiatan kesenian dan lain-lain.

Selama mengelola bungker tersebut, pasangan ini mendapat penghasilan sewa dari kegiatan-kegiatan amal atau pertunjukan seni senilai Rp 197,5 juta per tahun.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com