Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2014, 18:50 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber
KOMPAS.com - Menyambut Perayaraan Idul Fitri yang jatuh pada akhir Juli ini, tidak ada salahnya mengubah tampilan interior rumah. Tidak hanya penghuni rumah, tamu-tamu yang bertandang ke rumah pun bisa terhibur dengan berbagai ornamen di rumah Anda.

Jika Anda tengah mencari inspirasi yang mungkin belum pernah dicoba, simaklah sebuah rumah modern di Santa Monica, California, Amerika Serikat. Desainer Frances Merril menatanya menjadi sangat berbeda. Rumah tersebut memiliki empat kamar tidur, dan tujuh kamar mandi. Pemiliknya ingin rumah yang benar-benar penuh warna.

Pertama, Merrill memasukkan nuansa hangat. Menurutnya, pemilik rumah tersebut sebetulnya tidak menginginkan rumah yang terlalu modern. Karena itu, dia perlu mengubah tampilannya terlebih dahulu.

"Rumah ini lebih modern dari yang diinginkan klien dan terasa dingin dengan lantai baru eksisting di dalamnya. Kami benar-benar perlu mendapatkan cara mengawinkan kehangatan dan gaya yang 'hidup' dengan arsitektur modern," ujar sang desainer.

Akhirnya, para desainer memutuskan untuk memasukkan banyak warna, pola, dan tekstur. Mereka memasukkan lapisan demi lapisan untuk membuat interior terkesan lebih hangat dan juga menambahkan daya tarik visual.

Merrill tidak serta-merta melupakan arsitektur bergaya modern yang "membingkai" interior rumah milik kliennya. Sang desainer mengambil jalan tengah dengan memasukkan warna-warna berbeda pada dinding dan setiap pojok ruangan. Menariknya, Merrill berhasil membuat semua unsur ini menyatu.

"Klien saya menginginkan kertas dinding dan pola yang tidak mudah dilakukan di dalam rumah dengan garis-garus lurus tanpa molding," ujarnya. "Untuk kantornya, klien saya menginginkan rasa seperti perpustakaan pantai timur, namun tidak ingin memalsukannya ke dalam rumah bergaya modern California."

Akhirnya, desainer dan timnya mengambil keputusan untuk menggunakan dinding berwarna merah dan kayu-kayu. Semuanya menggunakan palet warna senada.

Selain tampilan, Merrill juga membuat interior rumah nyaman ditinggali. Karena itu, dia memastikan ruang-ruang yang ada di dalam rumah berfungsi dengan sempurna. Sebagai contoh, dia memasukkan daybed atau tempat tidur kecil di ruang keluarga. Tidak hanya bisa digunakan untuk duduk-duduk atau tiduran, daybed juga bisa mengawali percakapan.

Secara garis besar, Merrill tidak hanya menghormati keinginan kliennya, namun juga memenuhi kebutuhan mereka. Tempat-tempat duduk nyaman, dia lengkapi dengan tampilan menarik. Sempurna untuk keluarga California.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com