Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Bikin Pagar Lebih Cantik, Bebas Karat!

Kompas.com - 18/07/2014, 13:22 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Pemilik rumah bisa melakukan berbagai persiapan dalam menyambut tamu yang bertandang ke rumah. Sembari menanti perayaan Hari Raya Idul Fitri dan bertemu dengan sanak saudara, gunakan akhir pekan Anda kali ini untuk mengecat pagar besi di depan rumah.

Selain membuat rumah Anda lebih menarik, memberikan perhatian khusus pada pagar rumah sebenarnya punya keuntungan lain. Membuat pagar lebih cantik, berarti menghilangkan karat.

Karat yang biasanya memberikan tampilan tidak menarik pada pagar juga menjadi penyebab utama kerusakan pagar besi. Berikut ini proses pengecatan pagar berkarat yang bisa Anda lakukan sendiri di akhir pekan.

Gunakan ampelas dengan pasir berjumlah sedang (medium-grit) untuk menggosok permukaan besi dan menghilangkan karat. Ampelas juga efektif menyingkirkan cat yang sudah mengelupas. Pada bagian-bagian yang sulit dibersihkan, gunakan sikat kawat.

www.shutterstock.com Untuk mencegah besi pagar berkarat, harus dilakukan pemutusan hubungan besi dari ketiga bahan itu. Salah satu jalan praktisnya dengan memberi lapisan cat anti karat pada besi atau logam.
Setelah Anda rasa cukup, bersihkan sisa-sisa ampelas dengan kain. Kemudian, mulailah mempersiapkan proses pengecatan.

Sediakan koran di bagian bawah pagar untuk menadah tetesan cat. Selain itu, manfaatkan painter's tape untuk melindungi bagian dinding atau bagian-bagian lain agar tidak terkena cat.

Kemudian, semprot atau oleskan antikarat pada pagar. Tunggu sampai antikarat tersebut kering. Pastikan Anda membaca instruksi yang tertera pada antikarat tersebut.

Anda juga bisa menggunakan cat besi yang mengandung antikarat. Selain sebagai lapisan cat primer juga sekaligus menjadi top coat atau cat finish yang diformulasikan khusus dalam satu kemasan.

Namun, jika Anda memilih cat khusus antikarat, tunggu sampai kering, baru gunakan cat eksterior. Mulailah dari bagian atas dan perlahan-lahan, cat hingga bagian bawah.

Jangan lupa, blok atau tutup dulu area di sekitar pagar agar tidak ada orang yang tanpa sengaja merusak hasil cat Anda. Singkirkan penutup dan painter's tape jika cat sudah kering.

Sebagai catatan, pastikan Anda memegang cat semprot dengan tepat dan memberikan jarak yang cukup antara cat semprot dan pagar. Hal ini memastikan cat tidak menumpuk dan menetes.

Selamat beres-beres rumah!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com