Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klinik Bedah Plastik yang Tampil "Nyentrik"

Kompas.com - 15/07/2014, 15:37 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Tak selamanya klinik bedah selalu dominan dengan nuansa putih dan mengesankan "rumah sakit" yang membosankan. Kreasi studio arsitek Iglo ini, misalnya, baru saja menyelesaikan desain interior untuk New Age Clinic, sebuah klinik bedah di Istanbul.

Klinik bedah plastik di lantai 12 gedung Fulya itu adalah milik dua ahli bedah plastik yang mendirikan praktek bersama-sama. Mereka meminta agar kliniknya itu memiliki gaya yang mencerminkan kepribadian mereka dan pekerjaan mereka.

www.designboom.com Klinik itu akan melayani pasien yang sangat menghargai estetika sehingga para arsitek percaya bahwa klinik tersebut tidak dirancang dengan pendekatan biasa.
Sebagai solusi singkat namun rasional, Iglo mengemas konsep tersebut dengan mewarnai dinding, mengambil alih pengaturan grafis pada karpet, serta memainkan beberapa elemen furnitur dan pencahayaan. Rencananya, seluas 250 m2 berupa empat kamar dan sebuah lobi, ruangan itu cocok berfungsi sebagai klinik operasi plastik tanpa membuat perubahan yang signifikan. Ini memungkinkan untuk penempatan ruang operasi, ruang konsultasi, kantor akuntansi, serta ruang khusus arsip.

Iglo berusaha menciptakan suasana keseluruhan ruangan klinik ini dengan pemahaman tentang klien bedah. Klinik itu akan melayani pasien yang sangat menghargai estetika sehingga para arsitek percaya bahwa klinik tersebut tidak dirancang dengan pendekatan biasa. Harus desain asli, kontemporer, dan cerdas mengikuti rasa si klien, namun tetap membuat mereka merasa aman, nyaman, dan percaya diri.

www.designboom.com Iglo sengaja menggunakan highlight warna biru dan pencahayaan putih sebagai referensi warna operasi standar yang digunakan di seluruh dunia. Mereka juga menambahkan elemen gelap untuk palet, sementara abu-abu gelap dipilih sebagai warna utama klinik ini.
Untuk menjawab itu, Iglo sengaja menggunakan highlight warna biru dan pencahayaan putih sebagai referensi warna operasi standar yang digunakan di seluruh dunia. Mereka juga menambahkan elemen gelap untuk palet, sementara abu-abu gelap dipilih sebagai warna utama klinik ini.

Pada langit-langit dan dinding, Iglo memainkan bentuk-bentuk garis bergelombang di area-area umum. Efek grafis ini mendefinisikan gaya furnitur di dalamnya. Karena tidak ada elemen struktur yang diinginkan oleh para dokter, Iglo merancang secara khusus pencahayaan yang detail untuk langit-langitnya.

www.designboom.com Karena tidak ada elemen struktur yang diinginkan oleh para dokter, Iglo merancang secara khusus pencahayaan yang detail untuk langit-langitnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com