Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciputra Raup Rp 1.5 Triliun di Makassar

Kompas.com - 11/07/2014, 11:45 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Tingginya tingkat serapan pasar terhadap perumahan berkonsep real estate dan apartemen di Makassar, Sulawesi Selatan, berpengaruh signifikan terhadap kinerja penjualan Ciputra Group. Kelompok usaha pengembang itu mengklaim mendulang penjualan senilai Rp 1,440 triliun hingga Juni 2014.

Penjualan tersebut berasal dari Citraland Celebes, Citraland Galesong City, dan Vidaview Apartment. Masing-masing proyek tersebut berkontribusi terhadap total penjualan secara grup senilai Rp 1 triliun, Rp 40 miliar, dan Rp 400 miliar.

Head of Region III Ciputra Group, Barawidjaja, menuturkan bahwa kinerja tersebut menjadikan Makassar sebagai penyumbang terbesar keempat setelah Balikpapan, Samarinda, dan Banjarmasin.

"Daya beli masyarakat Makassar sangat tinggi dan potensi untuk menjadikan properti sebagai instrumen investasi juga sangat besar. Terlebih pasar properti di kota ini kembali booming sejak 2009," ujar Barawidjaja kepada Kompas.com, Kamis (10/7/2014).

Hal senada dikemukakan Project Manager Citraland Celebes, Sujatmiko. Menurut dia, dari total nilai penjualan Rp 1 triliun, separuhnya adalah investor sedangkan sebagian besar lainnya merupakan pengguna akhir.

"Kompisisi pembeli ini mengindikasikan bahwa pasar properti Makassar terus tumbuh. Investasi juga menjanjikan terlihat dari kenaikan harga jual sekitar 10 persen hingga 20 persen per tahun," kata Sujatmiko.

Saat ini, harga unit rumah di Citraland Celebes sudah menembus angka Rp 2 miliar - Rp4.8 miliar dengan kisaran harga lahan aktual Rp 5 juta per meter persegi. Demikian halnya dengan apartemen Vidaview.

Deputy Project Manager, Kris Suyanto, mengatakan harga perdana apartemen tipe 21 saat dilansir pada 2012 lalu sekitar Rp 278 juta per unit. Saat ini, harganya sudah berada pada level Rp 360 juta per unit.

"Meskipun gaya hidup tinggal di apartemen belum begitu mengakar, namun sebagai opsi investasi cukup menjanjikan. Tingkat penjualan sudah mencapai 95 persen untuk menara pertama dan 50 persen untuk menara kedua dari total 1.100 unit dalam tiga menara," jelas Sujatmiko.

Sementara itu, Citraland Galesong City yang merupakan perumahan berkonsep kota mandiri seluas 500 hektar baru diluncurkan tahun lalu. Klaster perdana yang ditawarkan adalah kavling hadap golf (golf view) dengan harga Rp 2.7 juta per meter persegi.

Deputy Manager Citraland Galesong City, Tony Soetanto, mengatakan, kavling siap bangun yang dipasarkan seluas 1.100 hingga 4.200 meter persegi.

"Pembeli kavling ini adalah mereka yang suka olahraga golf dan juga investor dengan bisnis utama perdagangan emas," kata Tony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com