Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih... Tiga Ide Rumah Tanpa AC, Bukan Rumah Salah Desain!

Kompas.com - 10/07/2014, 13:10 WIB
KOMPAS.com — Rumah merupakan tempat berteduh dan sekaligus tempat bersantai setelah seharian bekerja. Namun, apa yang terjadi jika rumah terasa panas dan sumpek?

Tentu hal tersebut dapat mengganggu aktivitas santai di rumah. Bahkan, Anda tidak kerasan untuk berada di rumah sendiri.

Berbagai hal dapat memicu rumah terasa panas dan sumpek, seperti minimnya jendela, lubang angin, atau rendahnya plafon. Akhirnya, memaksa kita menggunakan penyejuk ruangan sehingga akan mengeluarkan biaya yang berlebih. Tetapi, jangan khawatir, berikut beberapa ide inspiratif rumah sejuk tanpa AC:


Dok Majalah Idea/Roy Rubianto, Yuliandi Kusuma Membuat rongga bawah atap dapat mengusir radiasi panas dari area loteng seperti di rumah Herawati, Ragunan, Jakarta.
1. Rongga bawah atap pengusir panas

Membuat rongga bawah atap dapat mengusir radiasi panas dari area loteng. Hal ini dapat diterapkan pada rumah dengan bentuk atap datar yang menempel ke bangunan tetangga dan efektif juga pada atap berbentuk sandar tanpa plafon.

2. Lubang di gunungan membuat adem ruangan

Buatlah lubang pada atap berbentuk pelana. Namun, bukan membuat lubang sembarang lubang, melainkan lubang aliran udara agar rumah tidak pengap dan panas.

Dok Majalah Idea/Roy Rubianto, Yuliandi Kusuma Buatlah lubang pada atap berbentuk pelana. Namun, bukan membuat lubang sembarang lubang. Melainkan lubang aliran udara agar rumah tidak pengap dan panas. Lokasi: Rumah Roy Tan, Bendungan Hilir, Jakarta
Anda dapat membuat lubang sesuai selera. Misalnya, Anda dapat membuat lubang dengan bentuk segitiga dan kotak. Namun, tetap disesuaikan dengan desain rumah.

Jumlah lubang angin ini juga disesuaikan dengan iklim bangunan tersebut, seperti di daerah pegunungan tidak memerlukan banyak lubang angin. Lain halnya dengan iklim di daerah perkotaan.

3. Ruang sejuk berkat plafon tinggi

Sudah menjadi rahasia umum jika ingin ruangan sejuk tanpa AC, plafon yang tinggi adalah solusinya. Biasanya, tinggi plafon lebih dari tiga meter atau setara dengan dua kali tinggi tubuh manusia dewasa. Dengan begitu, Anda akan jauh dari sumber radiasi.

Dok Majalah Idea/Roy Rubianto, Yuliandi Kusuma Sudah rahasia umum jika ingin ruangan sejuk tanpa AC, plafon yang tinggi adalah solusinya. Biasanya, tinggi plafon lebih dari tiga meter atau setara dengan dua kali tinggi tubuh manusia dewasa. Lokasi: Rumah Irawati Santoso, Bintaro, Tangerang.
Bisa juga dengan void atau model plafon tinggi yang menerus hingga ke atas lantai dua. Dengan begitu, aliran udara akan lancar dan membuat ruangan terasa lebih lega. Di samping itu, gunakan warna yang cerah agar cahaya gampang terpantul dan dapat membuat ruangan menjadi terang.

Tentunya, tiga ide inspiratif rumah sejuk tanpa AC ini bisa bermanfaat untuk Anda, selain hemat uang, juga hemat energi. Anda bisa mengurangi rasa panas di rumah Anda secara alami, bukan? Tetapi, jangan lupa, aplikasikan ide tersebut sesuai bangunan rumah Anda!

(Primaningtyas KC, Yusuf Fatchurrochman, Sabrina Alisa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber IDEA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com