Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaatkan Ruang Sempit untuk Menyimpan Barang

Kompas.com - 30/06/2014, 17:04 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Apartemen studio dan kos-kosan umumnya memiliki luas yang sangat terbatas. Dengan kata lain, ruang untuk menyimpan barang-barang, seperti pakaian dan sepatu pun terbatas.

Sebenarnya, ada cara memanfaatkan ruang-ruang di dalam kamar sebagai tempat penyimpanan alternatif. Berikut ini contohnya.

Harwell Photography / Style Me Pretty Living, Sarah Sherman Samuel / Smitten Studio Tidak semua orang cukup beruntung bisa membangun walk-in closet untuk menyimpan semua pakaian dan sepatunya. Sebenarnya, tanpa walk-in closet, Anda bisa mendapatkan ruang tambahan untuk menyimpan pakaian, sepatu, dan aksesori lainnya.
Pertama, gunakan sudut kamar tidur Anda sebagai tempat menyimpan sepatu, aksesori, dan tas. Manfaatkan ruang sempit di sisi tempat tidur serta dinding di sekitarnya. Gunakan rak, meja, dan manekin untuk menaruh barang-barang tersebut.

Kedua, gunakan gantungan baju yang bisa dipindahkan untuk menyimpan pakaian dan sepatu. Gantungan baju semacam ini bisa dengan mudah digeser, jadi tidak menganggu "lalu-lintas" di kamar. Anda bisa membeli gantungan seperti ini di supermarket atau toko perkakas rumah tangga. Jika punya banyak waktu, Anda juga bisa membuatnya sendiri dari pipa dan papan tripleks tebal.

Ketiga, manfaatkan ketinggian kamar untuk memaksimalkan ruang di dalamnya. Anda bisa membuat tempat tidur tumpuk atau "bunk bed". Letakkanlah tempat tidur hanya di bagian atas dan gunakan bagian bawahnya sebagai lemari atau ruang kerja mungil.  

Keempat, sandarkan tangga kayu atau ladder ke dinding kamar. Setelah itu, gantung sepatu-sepatu hak tinggi Anda di tangga tersebut.

Kelima, buat sendiri rak sepatu dengan memanfaatkan palet kayu pengiriman. Tumpuk palet tersebut, kemudian manfaatkan bagian atasnya sebagai day bed.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com