Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tamansari Lagoon, Gedung Tertinggi di Manado Itu Masuk Tahap "Finishing"!

Kompas.com - 29/06/2014, 14:12 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya Realty (Wika Realty), anak usaha PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., memastikan proyek Tamansari Lagoon di kota Manado, Sulawesi Utara, akan selesai pembangunannya tepat waktu. Setelah tahapan struktur selesai, pembangunan Tamansari Lagoon bersiap memasuki etape finishing.

Tamansari Lagoon merupakan proyek mixed use building yang meliputi apartemen, kondotel, dan komersial. Proyek tersebut dibangun dengan investasi sebesar Rp 200 miliar yang merupakan kerjasama antara PT Wika Realty dengan PT Filadelfia Blessing Family. Saat ini proyek itu sudah memasuki tahapan topping off (penutupan atap).

"Kami rencanakan akan mulai diserahterimakan pada Januari 2015 nanti," ujar Budi Saddewa Soediro, Direktur Utama PT Wika Realty, kepada Kompas.com di Jakarta, Sabtu (28/6/2016).

Sementara itu, Manager Realty Tamansari Lagoon, Ugik Sugiyanto, menuturkan bahwa sejak diluncurkan akhir 2012 lalu Tamansari Lagoon direspon sangat baik oleh pasar. Hal itu dibuktikan dengan hasil penjualannya yang sudah mencapai 65 persen untuk apartemen dari total 183 unit dan 40 persen untuk kondotel dari total 187 unit.

"Kami sangat optimistis akhir tahun ini akan habis terjual semua," timpal Ugik.

Ugik memaparkan, profil pembeli Tamansari Lagoon terdiri dari pengusaha, dokter, pegawai, kontraktor. Hampir 50 persen, menurut dia, pembelinya merupakan pengusaha.

"Pembeli mayoritas masyarakat Manado 64 persen, sisanya dari Jakarta, Surabaya, Samarinda, Maluku, Bitung, Kotamobagu, Kepulauan Sangihe dan beberapa kota disekitar wilayah Manado," kata Ugik.

"Untuk komposisi end user itu sekitar 55 persen dan investor 45 persen. Untuk pembayaran KPA paling banyak dipakai, itu sekitar 46 persen, lalu cash bertahap sekitar 36 persen, sedangkan sisanya pakai tunai keras," papar Ugik.

Seluas 2.500 m2 di jalan Wolter Manginsidi, Manado, apartemen di proyek ini terdiri dari 5 tipe yakni Studio, 1 Bedroom, 2 Bedroom, 3 Bedroom dan Penthouse yang dipasarkan mulai Rp 600 jutaan. Sedangkan kondotel terdiri dari 2 tipe, yakni studio dan 1 Bedroom/tipe Suite seharga mulai Rp 950 jutaan (Include PPn). Ugik mengatakan, sejak dipasarkan hingga saat ini sudah terjadi 12 kali kenaikan harga dengan sekitar 80 persen total kenaikan dari harga awal saat diluncurkan.

"Prospek investasi tentu sangat menjanjikan, ini dilihat dari sisi apartemen maupun kondotel. Untuk kondotel ada rental guarantee/ROI fix hingga 16 persen selama 2 tahun dan ada tambahan lagi untuk semua unitnya, yaitu promo pay back 100 persen," kata Ugik.

Terdiri dari 28 lantai, lanjut Ugik, Tamansari Lagoon akan menjadi gedung tertinggi dan tercantik di Manado, bahkan di Sulawesi Utara. Ia berharap, proyek ini akan menjadi ikon baru di Manado, apalagi lokasinya strategis dan menarik di pesisir Pantai Bahu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com