Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggi Badan, Patokan Memasang Lampu Gantung

Kompas.com - 28/06/2014, 17:09 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Houzz.com,
KOMPAS.com - Lampu gantung merupakan ornamen yang menarik. Tidak hanya efektif menyinari, lampu gantung juga relatif hemat tempat. Jika digunakan dengan pengaturan yang pas, ruangan pun tampak lebih istimewa. Sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana cara menggantung lampu jenis ini.

Editor-at-Large Domaine, sekaligus dekorator interior, Estee Stanley mengatakan, cara menggantung lampu memang harus disesuaikan dengan ruangannya. Ambil rerata tinggi badan penghuni rumah, kemudian pastikan lampu tidak menyentuk kepala pemilik rumah.

"Tentu saja semuanya bergantung pada ruangan, namun aturan yang baik untuk lampu gantung di ruang dengan lalu-lintas padat adalah berasumsi bahwa seseorang dengan tinggi 6 kaki 5 inchi (195,5 cm) berjalan melalui rumah Anda. Lampu Anda idealnya tidak mengenai kepala orang tersebut," ujar Stanley.

Sementara, untuk chandelier atau lampu gantung di atas meja, bagian paling bawah dari lampu tersebut seharusnya berjarak sekitar tiga kaki (sekitar satu meter). Menurut Stanley, penghuni rumah juga bisa menyesuaikan dengan seleranya sendiri.

Anda bisa menempatkan lampu gantung di hampir semua area di rumah. Mulai dari ruang makan, lorong, hingga tangga. Kontributor Houzz, Janell Beals, memberikan detail yang lebih rinci cara menggantung lampu di dalam rumah.

Beals menjelaskan, di atas meja, lampu gantung sebaiknya digantung dengan jarak antara 71 hingga 81 cm dari permukaan meja. Di tangga, berikan jarak sekitar 45 cm hingga 60 cm dari ukuran paling tinggi pemilik rumah.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Houzz.com,
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com