Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kain Tradisional Hiasi Stadion Piala Dunia Qatar

Kompas.com - 22/06/2014, 17:41 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com — Desain stadion untuk laga semifinal Piala Dunia Qatar 2022 telah dipublikasikan. Stadion baru dengan kapasitas 60.000 tempat duduk ini secara resmi dinamakan Al Bayt, kota Al Khor.

Sekretaris Jenderal Supreme Committee for Delivery & Legacy, Hassan Al Thawadi, mengatakan, peluncuran stadion Al Bayt merupakan tonggak sejarah kemajuan sekaligus menunjukkan komitmen Qatar untuk memberikan pengalaman yang luar biasa pada tahun 2022 dan seterusnya.

Desain stadion Al Bayt mengadopsi konsep sejarah dan budaya Qatar. Ini merupakan sebuah desain modular yang modern. Namun, seusai perhelatan Piala Dunia 2022, kapasitas stadion akan dikurangi menjadi 32.000 kursi.

Dalam konsultasi dengan FIFA dan komunitas sepak bola global, pengurangan kursi akan dikonfigurasi ulang dan disumbangkan ke negara lain, untuk pengembangan sepak bola internasional.

Stadion Al Bayt dilengkapi dengan ruang ritel, restoran, kantor polisi, taman, lintasan jogingdan jalur pedestrian bagi warga untuk jalan kaki atau bersepeda. Ada juga fasilitas yang didedikasikan khusus untuk pengunjung perempuan.

Al Bayt berada dekat dengan pantai, karena itu untuk menghindari panas, digunakan tenda hitam putih. Tenda ini secara tradisional kerap digunakan penduduk nomaden Qatar, sebagai simbol undangan untuk menghadiri keriaan dan keramahtamahan tuan rumah.

Di dalam tenda terdapat hiasan dekoratif kain sadu merah bermotif sebagai representasi desain tekstil tradisional Qatar. Dekorasi ini mengajak pengunjung internasional menyelami warisan dan tradisi penggunaan kain sadu.

Sementara itu, unsur modern stadion ini diwakili oleh penggunaan material-material yang mendukung efisiensi energi dan ramah lingkungan. Pembangunan stadion dijadwalkan rampung pada 2018 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com