Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arsitek Flamboyan Menangkan Sayembara "Rebuild by Design"

Kompas.com - 17/06/2014, 17:07 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Kembali, arsitek kaliber dunia, Bjarke Ingels dan timnya BIG memenangkan kompetisi desain. Bukan sembarang sayembara, melainkan membangun kembali kawasan yang luluh lantak akibat badai Sandy.

Kompetisi desain tersebut diselenggarakan oleh Departemen Perumahan dan Pembangunan Perkotaan (Department of Housing and Urban Development/HUD) AS bekerjasama dengan Gugus Tugas Pembangunan Kembali "Hurricane Sandy" dengan tema "Rebuild by Design".

Proposal pemenang sayembara tersebut diumumkan pada Senin (16/6/2014) oleh Sekretaris HUD Shaun Donovan, yang didampingi walikota New York Bill de Blasio, Gubernur New York Andrew Cuomo, Senator New York Charles Schumer, dan wakil presiden untuk inisiatif dan strategi di Rockefeller Foundation, Zia Kahn.

Bjarke yang beken sebagai arsitek stylish dan flamboyan, bergabung bersama lima tim lainnya. Desain mereka dinilai sangat inovatif dan menawarkan solusi terbaik yang bisa diimplementasikan di kawasan terdampak badai Sandy seperti wilayah pesisir dan sekitar kota NEw York.

Rancangan BIG yang berjudul BIG U tersebut memungkinkan dikembangkannya jaringan publik sepanjang 16 kilometer yang membentang dari West 57th Street menuju East 42nd di Manhattan.

"BIG U tidak hanya akan membuat pesisir pantai yang lebih kuat, tetapi juga lebih mudah diakses dan mengundang warga sekitar untuk berkunjung," kata Bjarke Ingels.

Saking istimewanya rancangan ini, dari total dana yang dialokasikan untuk program "Rebuild by Design" sejumlah 920 juta dollar AS atau setara Rp 10,8 triliun, Rp 3,9 triliun di antaranya disisihkan untuk BIG U.

Sementara arsitek lainnya, Rem Kolhaas dan Metropolitan Architecture akan bekerjasama dengan AD Innovator 2013 dan desainer lanskap Diana Balmori untuk memperkuat rancangan di tepi kota New Jersey. Sedangkan empat tim pemenang lainnya akan bekerja di daerah Bronx dan Staten Island, bagian luar Long Island, dan Meadowlands New Jersey.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com