Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di "Sleepy Village" Tim Panser Jerman Bermalam...

Kompas.com - 17/06/2014, 15:02 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Di manakah para bintang sepak bola yang berlaga di Piala Dunia 2014 Brasil bermalam? Ternyata, tidak semua tim tinggal di hotel-hotel berbintang dengan pelayanan standard internasional.

Tim nasional Jerman, contohnya. Der Panzer ini justru membangun kamp terpencil di kawasan Santo Andre, Brasil. Kawasan ini secara administrasi masuk dalam wilayah kota São Paulo. Suasananya tenang, sejuk, jauh dari hiruk pikuk kota dan damai, sehingga tak mengherankan Santo Andre dijuluki sebagai the sleepy village.

Pasukan Jerman menyewa 13 hunian, lengkap dengan lapangan bermain, kolam renang, dan juga pusat kebugaran. Seminggu sebelum pertandingan pembuka Piala Dunia digelar, kamp ini sudah dicat dengan warna-warna sesuai bendera negara Jerman.

Di desa seluas 175,7 kilometer persegi inilah, sang kapten Philipp Lahm dan kawan-kawan bermalam dan melakukan latihan ringan. Kawasan Santo Andre dipilih karena mendukung terciptanya konsentrasi tingkat tinggi.

The Royal Palm Tower The Royal Palm Tower Hotel, Campinas.
Bagaimana dengan sang rival yang mereka tundukkan dengan skor 4-1, Portugal, tadi malam? Cristiano Ronaldo dan rekan timnya menetap secara temporer di Royal Palm Hotel Tower, Campinas.

Hotel dengan klasifikasi bintang empat ini menawarkan seagala sesuatu yang dibutuhkan skuad Portugal. Mulai dari pusat kebugaran, jacuzzi, sauna, spa, kolam renang dan kamar yang nyaman. Selain itu, ini yang penting, lokasi hotel dekat dengan bandara internasional Viracopos.

Berapa tarif kamar hotel ini per malam? Untuk single room dipatok sekitar 184 dollar AS atau setara Rp 2,1 juta per malam. Sementara kamar standard ganda dan twin dibanderol 209 dollar AS atau Rp 2,4 juta per malam. Termahal adalah kamar tipe deluxe single yakni 220 dollar AS atau Rp 2,6 juta per malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com