Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/06/2014, 15:08 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Architecture for Humanity, lembaga nirlaba yang menyediakan desain arsitektur, perencanaan, layanan manajemen proyek, manajemen konstruksi, analisis pasca hunian, dan memfasilitasi keterlibatan masyarakat di seluruh proyeknya kini sudah berkarya selama 15 tahun. Setelah pendirinya, Kate Stohr dan Cameron Sinclair memutuskan mengundurkan diri, lembaga yang ingin menyediakan desain berkualitas bagi siapa pun itu akhirnya menunjuk direktur eksekutif baru.

Jajaran Direksi Architecture for Humanity menunjuk Eric Cesal sebagai Executive Director bagi lembaga tersebut. Cesal adalah desainer berpengalaman, serta penulis memoir bertajuk Down Detour Road: An Architect in Search of Practice.

Seperti dikutip dalam Archdaily, Cesal sudah bergabung dengan Architecture for Humanity sejak 2006 lalu. Dia terlibat sebagai relawan dalam program rekonstruksi pasca Badai Katrina. Dia juga memimpin Haiti Rebuilding Center di Port-au-Prince sejak 2010 hingga 2012.

Cesal punya tugas penting setelah penunjukkannya sebagai direktur eksekutif. Pertama, dia bertugas membantu masyarakat yang tertimpa bencana, mendidik dan memperkuat komunitas berisiko. Kedua, dia bertugas menggunakan pengetahuan dan pengalamannya untuk melatih, memberdayakan, dan menjadi mentor bagi organisasi dan para desainer agar mampu "mengubah dunia".

"Kami tidak akan menjadi organisasi yang hanya merespon krisis dan musibah. Kami akan menjadi organisasi yang mencegahnya. Kami akan tetap berdiri di sisi berbagai komunitas yang telah menjadi korban cuaca ekstrem, krisis, dan pengabaian. Bagaimana pun, kami akan mengekspansi fokus kami untuk memasukkan komunitas-komunitas yang berisiko dari bahaya dan membantu mereka memperkuat diri menghadapi bencana di masa depan," ujar Cesal mengenai tugasnya.

Simak beberapa hasil karya Architecture for Humanity, seperti Librii, St Bernard Project, dan Designing Recovery.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com