Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pinggiran Jakarta Berubah Jadi Ladang Investasi Apartemen

Kompas.com - 08/06/2014, 15:59 WIB
Tabita Diela

Penulis

SERPONG, KOMPAS.com — Peluang investasi properti di pinggiran Jakarta semakin bertambah. Terbaru adalah berinvestasi di sektor apartemen dengan harga bervariasi mulai dari Rp 10 juta per meter persegi hingga Rp 25 juta per meter persegi.

Saat ini, terdapat 20.962 unit dari total 18 proyek apartemen di pinggiran selatan dan timur Jakarta. Proyek tersebut adalah Green Palace Residence, Grand Dhika City, Indigo Apartment, TTL Residence, BTC Residence, Adede Park & Apartment, One Sentosa Residence, Grand Icon Caman, Mutiara Apartment, Centerpoint, Oasis Apartment, Trivium Terrace, Enviro, M Gold Apartement, Blue Oasis Apartment, Metropolitan Park, Bekasi Tower 88, dan The Spring Lake.

Sementara itu, tak kurang dari 21 proyek yang mencakup sekitar 11.300 unit apartemen berada di wilayah pinggiran bagian selatan dan barat Jakarta. Ke-21 proyek apartemen tersebut adalah Silkwood Residences, Scientia Residence, Paddington Heights, Paramount Skylines, Majestic Points, Kubikahomy, Saveria, Casa de Parco, Serpong Greenview, Bintaro Icon, The Embarcadero, Bintaro Parkview, Bintaro Plaza Residence, Intermark, K2Park, Urbana, U Residence, Sudirman Apartment, The Brooklyn, Akasa Pure Living, dan Saumata.

Jumlah tersebut bertambah saat ForzaLand secara resmi melansir kepada publik One Azure Apartment pada Sabtu (7/6/2014). Apartemen yang dikembangkan Forzaland ini hadir dengan jumlah unit tak kalah banyak.

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 1.000 unit akan dipasok dari pengembangan apartemen di atas area seluas 5.000 meter persegi di Jalan Kelapa Dua Raya, sekitar 3 kilometer dari pintu keluar Tol Karawaci, Tangerang.

Setiap lantai pada apartemen ini akan memiliki 41 unit dengan tipe studio (25-35 m2), satu kamar (35-45 m2), dan dua kamar (60-64 m2). Menurut Project Director One Azure Apartment, Ali Sutra, komposisi apartemen meliputi 65 persen studio, 30 persen tipe satu kamar, dan lima persen tipe dua kamar.

 
Namun, bukan hanya luasnya yang menarik perhatian. Menurut Brand Director ForzaLand Jeanny Tjahja, lokasi apartemen yang diapit beberapa institusi pendidikan membuatnya menjadi incaran investasi menarik.
 
"Jumlah institusi pendidikan yang banyak dan berkualitas di Serpong membuat tingkat permintaan tempat tinggal untuk kalangan mahasiswa dan juga profesional muda cukup tinggi," ujarnya.
 
Menurut Ali, para profesional muda bisa mendapatkan keuntungan dengan berinvestasi di apartemen ini. Harga perdana masih terhitung kompetitif yakni termurah Rp 300 juta per unit.

Jika mengacu pada riset Indonesia Property Watch yang menyebut pertumbuhan harga di kawasan Alam Sutera dan Serpong sekitarnya sebesar 50 persen hingga 60 persen per tahun, maka harga jual One Azure Apartement setahun mendatang akan beranjak menjadi Rp 450 juta.

Pertumbuhan harga ini sudah terjadi pada apartemen Saumata. Sebelum dilepas kepada publik harga per meter persegi apartemen di Alam Sutera ini berada pada posisi Rp 22,5 juta. Setelah terserap 50 persen dari total 200 unit yang ditawarkan, harganya melonjak menjadi Rp 25 juta per meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com