Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Jitu Agar Rumah Anda Laku

Kompas.com - 05/06/2014, 15:37 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Penjualan rumah bukan proses yang mudah. Namun, di saat yang sama, proses tersebut seharusnya bisa berjalan mulus. Untuk menambah kesempatan rumah Anda terjual dengan mudah, berikan kesan pertama yang istimewa bagi calon pembeli.

Betapa pun cantiknya interior rumah, ada sedikit hal yang bisa Anda tambahkan untuk memastikan prospek pembeli potensial.

Profesional properti asal New York, Trisha Ocona, berbagi beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan ketika memamerkan rumah pada calon pembeli. Mulailah dengan mempercantik bagian luar rumah. Lakukan hal sederhana, seperti memangkas tanaman di depan rumah, membersihkan rumput liar, dan membubuhkan lapisan cat di dinding eksterior rumah. Ingat, kesan pertama penting bagi calon pembeli.

Kedua, pastikan Anda membersihkan interior rumah. Namun, jaga agar tampilan interior tampak alami. Jangan sampai calon pembeli justru menilai mustahil ditinggali dengan nyaman. Buka pintu-pintu kamar, dan kurangi barang-barang menumpuk. Bersihkan permukaan meja, tata tempat tidur, sapu, dan bila perlu pel juga lantainya.

Ketiga, jika Anda memutuskan untuk mengecat kembali interior rumah, pastikan memilih skema warna netral. Biarkan calon pembeli merancang sesuai keinginannya. Warna-warna terang bisa membuat calon pembeli enggan mempertimbangkan rumah Anda. Jika ingin memasukkan warna, cobalah menggunakan bantal atau hiasan di atas meja.

Keempat, pastikan pencahayaan di dalam rumah cukup. Bila perlu, nyalakan semua lampu agar calon pembeli bisa menilai rumah dengan mudah. Anda pun bisa membuka jendela untuk menunjukkan akses yang cukup pada sinar matahari.

Kelima, tata meja makan Anda. Calon pembeli bisa membayangkan nyamannya menikmati santap bersama seluruh keluarga di ruang makan. Meski tampak sederhana, hal ini bisa meningkatkan potensi calon pembeli rumah Anda.

Terakhir, gunakan pengharum ruangan. Hindari pengharum ruangan yang terlalu keras. Cobalah gunakan pengharum ruangan ringan dengan keharuman lemon atau vanila. Anda juga bisa menyalakan lilin atau memajang bunga untuk memberikan aroma lembut.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com