Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruang Konser Walt Disney, Kolaborasi Dinamis Dua Maestro Arsitektur

Kompas.com - 04/06/2014, 17:09 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Arsitek Zaha Hadid membuat dekorasi panggung istimewa untuk penampilan Los Angeles Philharmonic di Walt Disney Concert Hall, Los Angeles, Amerika Serikat.

New York Timesmenyebutkan karya Hadid tersebut sebagai "kolaborasi artistik yang tertunda selama 25 tahun" antara Hadid dan kreator Walt Disney Concert Hall, Frank Gehry.

 
Hadid membuat rancangan dekorasi panggung bagi pergelaran bertajuk “Così Fan Tutte”. Tidak sekadar mendesain, Hadid mengakui karyanya merupakan respon atas gedung pertunjukkan karya Frank Gehry."Saya telah merespon pada konteks, yaitu desain milik Frank," ujarnya.
 
Gedung pertunjukkan tersebut memiliki tampilan istimewa berkat lengkungan-lengkungan yang sengaja dibuat oleh Gehry. Hadid tidak "mementahkan" karya Gehry. Sang arsitek asal Inggris hanya melanjutkan lengkungan-lengkungan yang ada dalam interior gedung pertunjukkan ke atas panggung. Namun, karya Hadid tampak lebih mengalir ketimbang karya Gehry.
 
"Ini adalah lanskap emosional," ujar arsitek yang menangani proyek ini, Saffet Bekiroglu. Menariknya, sebelum bekerja untuk Hadid, Bekiroglu sempat bekerja untuk Gehry di Los Angeles. 
 
Di bawah nama Hadid, Bekiroglu secara khusus telah mendesain panggung untuk konser. Panggung tersebut bisa disaksikan oleh penonton dari berbagai sisi lantaran berada di tengah-tengah penonton. Para pentonton mengelilingi panggung 360 derajat. Tidak hanya memudahkan penonton, pengaturan panggung seperti ini pun membuat para pengisi acara bisa tampil lebih dinamis. 
 
Para penampil bisa saling bernyanyi satu sama lain sembari mengelilingi panggung dengan ketinggian berbeda-beda. Hal ini rupanya cocok dengan keinginan Hadid, yaitu membuat opera dari abad ke-18 memiliki dimensi baru yang lebih dinamis.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com