Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Punya Dapur Bergaya Victoria? Tiru yang Ini...

Kompas.com - 03/06/2014, 15:26 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Rumah tua tidak lagi lekat dengan kesan kelam, gelap, lembab, dan angker. Di tangan yang tepat, rumah tua bisa sama menariknya dengan rumah baru. Bahkan, bisa tampil jauh berkarakter ketimbang rumah baru.

Contohnya, rumah bergaya Victoria di Portland. Sebuah keluarga yang menempati rumah tersebut meminta bantuan desainer Jessica Helgerson untuk memperluasnya. Hasilnya, rumah tua tersebut menjadi tampak lebih segar.

Salah satu ruang yang paling menarik adalah bagian dapurnya. Helgerson melakukan beberapa langkah strategis untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik. Anda pun bisa meniru langkah sang desainer berikut ini.

Pertama-tama, Helgerson mencampurkan palet warna dengan warna-warna yang tepat. Untuk bagian dapur, dia mencampurkan warna abu-abu yang terkesan "dingin" dengan aksen kayu pada lantai, benda-benda dari kuningan, aksen berwarna hitam, dan "kejutan" kecil berupa sofa kuning mencolok. Sementara itu, "island" atau meja yang ada di tengah-tengah dapur sengaja diberikan warna tergelap. "Island" menjadi bagian pusat dari dapur.

Lincoln Barbour Desainer Jessica Helgerson dan timnya membuat desain dapur untuk sebuah rumah bergaya Victoria di daerah Mount Tabor, Portland. Sang desainer berbagi kuncinya mendapatkan tampilan istimewa di dapur bergaya klasik, namun segar tersebut.

Tidak hanya penampilan visual, pengaturan dapur pun sangat penting. Hal ini disadari pula oleh Helgerson. Untuk mengakomodasi kebutuhan keluarga yang sibuk, sang desainer menyediakan beberapa area aktivitas berbeda bagi mereka. Meja berkaki besi, disandingkan dengan beberapa jenis kursi  di ruang kasual untuk menyantap makanan atau bekerja.

Sementara itu, sofa beludru berwarna kuning mencolok bisa dimanfaatkan untuk menikmati secangkir teh. Tentu saja, dapur ini pun memiliki ruang makan formal. Helgerson menggunakan gaya tradisional, namun dia juga memadukan gaya ini dengan berbagai jenis kursi.

Sebagai pelengkap dan penyempurna desain, Helgerson memasukkan unsur-unsur dekoratif bergaya Victoria di dapur ini. Detail menjadi bagian penting, misalnya penggunaan ubin keramik untuk menutupi dinding agar memberikan nuansa "pabrik abad ke-19". Penggunaan lampu gantung praktis juga melengkapi suasana tersebut.

Terakhir, Helgerson memberikan aksen berupa barang-barang dari baja, seperti rak kuningan, pegangan dari tembaga, dan alas meja dari besi. Sentuhan akhir ini berhasil menonjolkan nuansa klasik, namun sekaligus memberikan kesan nyamannya rumah tinggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com