Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Potensial, Summarecon Berencana Masuk Samarinda

Kompas.com - 02/06/2014, 10:57 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SERPONG, KOMPAS.com - PT Summarecon Agung Tbk., memastikan akan menggarap Samarinda, Kalimantan Timur, menyusul tuntasnya pembebasan lahan yang mereka lakukan tahun lalu.

Kepastian tersebut dikemukakan Direktur Utama PT Summarecon Agung Tbk., Johannes Mardjuki kepada Kompas.com, usai peresmian The Spring's Club Serpong, Sabtu (31/5/2014).

"Lahan sudah clear, aspek legal juga sudah terpenuhi. Kami tinggal menandatangani kerjasama dengan mitra lokal untuk memulai konstruksi proyek ini. Penandatanganan kerjasama mungkin akhir tahun ini," ujar Johannes.

Summarecon diketahui akan mengembangkan proyek skala besar yang direalisasikan dalam waktu dua hingga empat tahun ke depan. Sebagai langkah awal, melalui PT Sinar Mahakam Indah yang seratus persen sahamnya mereka miliki, telah mengakuisisi lahan seluas 328.021 meter persegi.

Pengembang dengan kapitalisasi pasar senilai Rp 17,8 triliun ini akan membangun sebuah township development yang terintegrasi dengan fasilitas komersial, bisnis dan hiburan. Laiknya portofolio eksisting yang telah mereka kembangkan seperti Summarecon Kelapa Gading, Summarecon Serpong, dan Summarecon Bekasi.

“Pengembangan di Samarinda masih lama. Kami matangkan dulu desain dan rancangan induknya. Baru kemudian mulai membangunnya,” ujar Mardjuki.

Menurutnya pasar Samarinda cukup potensial. Kebutuhan rumah menengah atas terhitung tinggi. Sayangnya, kapasitas yang tersedia terbatas.

Klub Olahraga

Sebelum menggarap pasar Samarinda, Summarecon terlebih dahulu fokus pada pengembangan proyek serupa di Bandung pada 2015, dan Bogor pada 2016.

Di Pulau Jawa sendiri mereka masih memiliki 1.200 hektar land bank yang terdistribusi di Serpong seluas 450 hektar dan merupakan terbesar, Bekasi, Kelapa Gading, Bandung, dan Bogor.

Lahan mereka yang berada di Serpong, telah dimanfaatkan untuk pengembangan The Spring's Club. Klub olahraga seluas 3,8 hektar ini, dibangun di kawasan hunian The Springs dengan nilai investasi Rp 100 miliar.

Fasilitas yang terdapat di klub olahraga antara lain kolam renang ukuran olimpiade, delapan lapangan badminton dalam ruang, lapangan futsal yang berfungsi sekaligus sebagai lapangan basket, dua lapangan tennis dalam ruang, lapangan squash, sauna, spa kolam air panas dan dingin dan lain sebagainya. 

Tak hanya membangun tempat olahraga, Summareon Agung juga membangun The Royal Ballroom (ruang pertemuan) berkapasitas 1.200 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com