Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Stabil, Ritel Jerman Bikin "Keok" Inggris!

Kompas.com - 21/05/2014, 16:34 WIB
Latief

Penulis

Sumber Bloomberg
KOMPAS.com - Akuisisi properti ritel Jerman naik dari dua kali lipat pada kuartal pertama tahun ini akibat tingginya permintaan. Hal tersebut mendorong properti ritel negara itu kembali stabil, bahkan berhasil mengalahkan Inggris untuk pertama kalinya sejak 2012 lalu.

Demikian laporan Cushman & Wakefield Inc, Rabu (2/5/2014). Kepala Cushman & Wakefield Eropa, Timur Tengah dan strategi investasi Afrika, David Hutchings, mengatakan bahwa investor membeli ritel senilai 3.430.000.000 Euro atau 4.700.000.000 dollar AS dari toko-toko dan mal-mal Jerman pada kuartal pertama ini. Nilai akuisisi tersebut naik 116 persen lebih tinggi dari setahun sebelumnya. Adapun pembelian UK naik 27 persen menjadi 3,37 miliar Euro.

"Daya tarik yang mendasari adalah stabilitas Jerman pasar yang aman," kata Hutchings.

Hutchings mengatakan, aksi membeli properti komersial Jerman kali ini adalah cara untuk meningkatkan keuntungan di tengah rekor tingkat suku bunga rendah di pasar. Harga aset ritel sempat berada di bawah tekanan karena minimnya pasokan.

Jerman, yang biasanya bersaing erat dengan Inggris untuk tujuan investasi ritel top di Eropa, beringsut mengambil peran ke depan. 

"Itu di kuartal pertama karena ada dua transaksi besar," kata Hutchings.

Aksi terbesar dia maksud itu adalah Unibail-Rodamco SE (UL) yang investasinya mencapai 535.000.000 Euro untuk saham di pusat perbelanjaan Centro di Oberhausen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com