Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Rumah Mungil Selalu Cantik, Jangan Remehkan Gantungan Baju!

Kompas.com - 19/05/2014, 16:18 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Gantungan baju atau hanger di dinding atau dikenal juga dengan istilah wall hooks merupakan cara efektif memanfaatkan ruang di hunian terbatas. Selain gantungan dinding, pegboard biasanya menjadi pilihan para pemilik rumah. Hanya saja, pegboard biasanya digunakan di lokasi yang lebih spesifik, misalnya garasi.

Sayangnya, gantungan-gantungan di dinding semacam itu bisa menjadi "magnet" bagi tumpukan barang. Gantungan baju pun kerap menjadi titik-titik berantakan di dalam rumah. Nah, adakah cara membuatnya tetap rapih?

Andrienne Breaux dari Apartment Therapy punya beberapa cara yang bisa menjaga kerapihan gantungan baju di rumah Anda. Breaux memberikan lima cara mudah yang bisa Anda ikuti, berikut ini:

Pertama, pastikan dulu barang yang ingin disimpan atau diletakkan di gantungan (atau pegboard) tersebut. Menurut Breaux, biasanya pemilik rumah hanya sekadar menempatkan gantungan di dinding rumah tanpa tahu dengan persis benda yang ingin mereka gantung di sana.

Hanya dengan mengetahui hal ini, Anda bisa mengatur beberapa hal, misalnya mengatur kekuatan gantungan baju dan jeda antar gantungan. Selanjutnya, Anda pun bisa menetapkan "peraturan" di rumah, bahwa hanya beberapa barang yang boleh diletakkan di gantungan tersebut.

Kedua, mulailah dengan instalasi gantungan yang teratur. Anda tidak perlu memasang gantungan dengan cara menjejerkannya di dinding rumah. Namun, semakin rapih menempatkannya, semakin mudah Anda menjaga kerapihan barang-barang di lokasi tersebut.

Ketiga, hindari menggantung terlalu rendah. Jaket panjang, gaun, dan selendang panjang yang menjuntai ke lantai membuat daerah gantungan tampak berantakan. Hal ini juga membuat debu mengumpul di jaket, gaun, atau selendang Anda.

Keempat, batasi berapa banyak baju atau barang-barang yang ingin Anda simpan di gantungan tersebut. Cobalah mengecek secara berkala barang-barang yang ada di gantungan tersebut. Jika tidak dicek, Anda berpotensi menumpuk terlalu banyak barang di gantungan.

Kelima, bersihkan barang-barang yang Anda taruh di gantungan secara berkala. Breaux menyarankan Anda memperhatikan gantungan tersebut setiap beberapa minggu sekali. Singkirkan barang-barang yang tidak seharusnya berada di sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com