Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Pilih Karpet Sembarangan!

Kompas.com - 14/05/2014, 17:38 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Karpet bukan hanya sekadar "pemanis" ruangan. Karpet juga bisa menentukan nuansa ruangan, skema warna, dan kenyamanan dalam interior rumah. Karena itu, berhati-hatilah dalam membeli karpet. Desainer asal Los Angeles, Amerika Serikat, Ben Soleimani, memberikan beberapa tips dalam membeli karpet.

Menurut Soleimani, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika "berburu" karpet. Pertama, perhatikan luas permukaan yang akan ditutup dengan karpet tersebut. Untuk kamar tidur, Anda mungkin ingin membiarkan permukaan lantai tetap tampak.

"Saya suka memperlihatkan sebagian kayu. Saya tidak suka karpet-karpet terlalu dekat satu sama lain, saya suka memberikan cukup ruang di sekelilingnya untuk menunjukkan bahwa karpet-karpet ini istimewa," ujar Soleimani.

Selain ukuran permukaan yang ditutup karpet, perhatikan juga materialnya. Menurut Soleimani, wol merupakan material karpet yang paling kuat dan bisa dicuci. Memang, hal ini juga sangat bergantung dengan jenis wolnya. Umumnya, karpet yang terbuat dari wol memiliki karakteristik tebal dan mudah dibersihkan. Wol sungguh pilihan yang praktis. Sementara itu, bahan sutra memang lembut, cantik, dan elegan. Namun, tidak sepraktis wol.

"Tidak hanya mengenai materialnya, namun juga cara pembuatannya. Anda tentu menginginkan karpet yang tampak alami," ujar Soleimani.

Soleimani mengingatkan, belilah karpet yang paling baik. Jangan hanya membeli karpet. Sebuah karpet berkualitas baik akan tampil lebih cantik seiring penggunaannya.

Terakhir, belilah karpet yang memberikan kesan "abadi". Maksudnya, carilah karpet yang tidak mudah membuat Anda bosan melihatnya setiap hari. "Karpet harus memiliki harmoni. Ketika Anda membeli karpet, carilah sesuatu yang tidak gimmicky, jangan separuh karpet berdesain istimewa, dan separuhnya lagi tidak. Anda akan cepat bosan. Karpet yang cantik dengan hamoni benar-benar abadi," pungkasnya.

Sebagai catatan, Ben Soleimani adalah desainer kepala di balik Mansour Modern. Mansour Modern penyedia karpet-karpet mewah berkualitas. Koleksi Mansour Modern sudah dipublikasikan oleh beberapa media besar, seperti Elle Decor, Metropolitan Home, New York Times, Town + Country, House + Garden, dan Domino.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com