Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap... Pembangunan Kantor Futuristik Apple Berjalan Cepat!

Kompas.com - 09/05/2014, 11:56 WIB
Latief

Penulis

Sumber dailymail
KOMPAS.com - Apakah itu foto pesawat ruang angkasa yang baru saja mendarat? Bukan, itu adalah gambar "kampus" atau kantor pusat terbaru Apple yang baru saja terungkap di Apple Toolbox!

"Foto-foto itu menunjukkan bahwa pembangunan telah berjalan dengan cepat," kata situs tersebut.

Tentu saja, gambar kantor pusat Apple di Cupertino itu hanya mengungkapkan satu bagian dari sebuah cerita utuh yang dimulai pada 2011, yaitu ketika pendiri Apple, Steve Jobs, merancang rencana untuk membangun kampus futuristik itu. "Kampus" tersebut nantinya menjadi bangunan melingkar hingga satu mil, dengan fitur dinding kaca, dan panel surya hingga mencakup luas 175 hektar.

www.dailymail.co.uk Ini adalah adalah gambar
Pada sebuah wawancara dengan Architectural Record, kepala arsitek proyek ini, Norman Foster, baru-baru ini memberikan wawasan baru tentang bagaimana "pesawat ruang angkasa" Apple itu akan dibangun, serta inspirasi di balik desain melingkar itu. Wawasan itu, termasuk juga bagaimana mobil-mobil akan "dibuang" ke lapangan parkir bawah tanah, aspal tergantikan oleh tanaman hijau, serta jendela-jendela tinggi menjulang.

Foster juga mengungkapkan, bahwa akan ada ruang parkir khusus untuk 1.000 sepeda karyawan. Namun, ia mengaku tetap punya trik untuk membuat "kampus raksasa" tersebut tampil solid.

"Sungguh menarik melihat bagaimana semua itu berevolusi," jelas Foster.

www.dailymail.co.uk Foster juga mengungkapkan, bahwa akan ada ruang parkir khusus untuk 1.000 sepeda karyawan. Namun, ia mengaku tetap punya trik untuk membuat
Foster mengatakan, bahwa ia ingin menambahkan rangkaian 'segmen organik' ke gedung Cupertino, -- dijuluki angkasa Apple lantaran berbentuk lingkaran luas meliputi 175 hektar, itu dan membuat hutan buatan dengan lebih dari 7.000 pohon. Dia juga ingin agar bangunan itu melingkar mengelilingi sebuah ruang pribadi di tengah, yang dirancang untuk meniru lanskap California. 

"Aspal akan digantikan oleh tanaman hijau, dan tempat parkir berubah menjadi area joging dan rute bersepeda," ujarnya. 

www.dailymail.co.uk Mobil-mobil akan
Adapun struktur berbentuk cincin itu memang merupakan gagasan Steve Jobs. Namun, setelah kematiannya, desainer Inggris Jony Ive mengambil alih proyek dengan bantuan Foster, dan dewan lokal untuk menyetujui rencana ambisius mereka pada 2013 lalu itu. Sebuah rencana untuk membuat salah satu kantor paling mengesankan di dunia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com