Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Properti Komersial Balikpapan Tumbuh Pesat

Kompas.com - 08/05/2014, 11:14 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Tak dimungkiri, roda sektor properti komersial di kota Balikpapan, bergerak demikian cepat. Berbagai proyek baru bermunculan dan tengah dikembangkan seperti pusat belanja, perhotelan, taman perkantoran, dan juga ruko.

Hal tersebut dimungkinkan karena pertumbuhan ekonomi kota terbesar kedua di Kalimantan Timur itu ada di atas rerata pertumbuhan ekonomi Nasional. Mengacu data yang dilansir Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Balikpapan, pertumbuhan ekonomi kota ini mencapai 9,03 persen pada 2013.

Pertumbuhan ekonomi tersebut memacu pasar properti menjadi lebih bergairah dan berkembang dinamis. Setiap produk baru properti komersial dilansir, pasar bereaksi positif. Transaksi penjualan tercipta bahkan hanya dalam hitungan hari.

Citra City Balikpapan hasil kolaborasi Ciputra Group dan PT Nara Putra Sejati, merupakan satu di antara properti komersial yang terserap maksimal. Unit-unit rukonya terjual dengan volume transaksi Rp 116,25 miliar dan hanya menyisakan 4 unit dari total 35 unit.

Menurut Project Manager PT Ciputra Nara, Ardian Hendra, ruko diminati karena pasokan baru terbatas jumlahnya, sementara permintaannya justru membludak. Permintaan berasal dari perusahaan-perusahaan yang melakukan ekspansi bisnis, baik di sektor jasa keuangan dan perbankan, pertambangan, perdagangan, dan komoditas hasil bumi.

"Selain itu, konsep pengembangan multifungsi (mixed use) juga turut memengaruhi minat pasar menyerap ruko-ruko yang kami tawarkan. Semua fungsi menyatu dalam satu kawasan. Harga perdananya terhitung tinggi yakni Rp 2,5 miliar hingga Rp 5 miliar. Saat ini harga ruko tersebut tercatat terus tumbuh sekitar Rp 25 juta sampai Rp 30 juta per unit," jelas Ardian kepada Kompas.com, Rabu (7/5/2014).

PT Ciputra Nara akan memulai konstruksi struktur Citra City Balikpapan selepas pengerjaan pemancangan tiang tuntas atau setelah Pemilihan Presiden 9 Juli 2014. Proyek ini menempati area seluas 9,3 hektar.

Selain ruko, taman perkantoran (office park) juga dikembangkan setinggi 6 lantai dengan jumlah 20 unit, 11 menara apartemen dengan ketinggian masing-masing 12 lantai, kavling siap bangun (big lot) sebanyak 4 unit dengan luas masing-masing 3.000 meter persegi, hotel dan food village. Menurut Ardian, apartemen dan taman perkantoran akan dilansir kepada publik pada kuartal III 2014 dengan segmentasi pasar sasaran kelas menengah atas.

Kehadiran Citra City Balikpapan menggenapi proyek properti komersial lainnya yang telah lebih dahulu dikerjakan, yakni Balikpapan Superblok, The Balcony, The Plaza Balikpapan, CBD Balikpapan, Balikpapan City Center, DeBandara, dan Signabiz Balikpapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com