Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah "Kota Masa Depan" India....

Kompas.com - 05/05/2014, 15:09 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Pada 2007 lalu, pemerintah India memperkenalkan proyek pembangunan "kota masa depan" bernama Gujarat Information Finance Tech City (Gift). Tahun demi tahun bergulir, proyek tersebut pelan tapi pasti terus dikerjakan hingga saat ini.

Proses terus berjalan. Bahkan, ketika India tengah menjalani prosesi pemilu sekalipun, aktivitas pembangunan Gift City tidak turut berhenti seperti badan usaha lain di Gujarat, India. Nah, bagaimana pemandangan di situs Gift City itu saat ini?

Thane Richard, pendiri stasiun Radio Dabba yang membahas kebudayaan dan politik India, mengabadikan kondisi aktual Gift City pada akhir April lalu. Gift City kini memiliki dua gedung kosong, jalan-jalan berkondisi baik, serta tanah-tanah yang sudah diuruk untuk memulai pembangunan berbagai fasilitas lain.

Thane Richard Kondisi aktual Gift City di Gujarat, India.
Saat ini, meskipun sudah memiliki kemajuan, Gift City masih jauh dari rampung. Area yang berada 30 km di luar Ahmedabad dan 5 km dari Gandhinagar ini seharusnya berisi penuh dengan gedung-gedung pencakar langit. Rencananya, pembangunan Gift City ini akan memberikan 600.000 pekerjaan bagi masyarakat.

Namun, masyarakat yang tinggal di sekitar proyek Gift City pun sejauh ini tidak mengeluh. Seperti dikutip dalam The Atlantic Cities, penduduk setempat menyatakan bahwa sejak dua tahun dimulainya pembangunan, pedesaan yang ada di sekitar pembangunan mendapatkan pasokan air dan listrik.

Richard pun sempat mewawancarai penduduk setempat. Semua penduduk yang menjadi narasumbernya mengaku setuju dengan pembangunan Gift City. Para penduduk itu sangat mengharapkan jaminan ketersediaan pekerjaan. Dalam proses pembangunan pun, sebagian dari mereka sudah bekerja sebagai penjaga dan tenaga konstruksi.

"Sebelumnya tidak ada yang mengenal desa kami. Kini, orang-orang tahu desa kami dan mereka datang ke tempat ini," kata Surendra Singh (23), seorang penduduk.

Adapun proyek yang dibangun di area seluas 3,58 km2 itu akan menjadi model pembangunan inovatif. Gift City akan menjadi area pengembangan kota ramah lingkungan yang mengedepankan inovasi di berbagai bidang, termasuk pemerintahan lokal dan tata kota.

Di dalamnya akan terdapat lingkungan aman dan bersih, tempat tinggal, sekolah, pusat seni dan budaya, serta berbagai ritel. Kota ini pun akan berusaha menjadi "kota hijau" dengan menekan konsumsi energi, mengurangi sampah, dan melindungi spesies di lingkungan kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com