Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Terkaya Ukraina Beli Apartemen Termewah di Inggris

Kompas.com - 02/05/2014, 18:56 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Tak peduli negerinya kisruh akibat pencaplokan Rusia atas Krimea, orang paling tajir Ukraina ini malah menghamburkan uang dengan membeli apartemen seharga 140 juta poundsterling atau setara Rp 2,7 triliun!

Menurut Property Week, dialah Rinat Akhmetov, orang terkaya itu. Akhmetov tercatat membeli apartemen One Hyde Park di kawasan paling elite London. Bukan sembarang apartemen, melainkan unit mewah griya tawang.

Awalnya identitas Akhmetov sangat dirahasiakan dan dijaga ketat oleh para pengembang, namun rahasia tersebut bocor juga.

Selain Akhtemov, ada banyak kalangan elite dan sosialita Ukraine yang melarikan dana investasinya ke Inggris. Sejak pecah kerusuhan di negara tersebut, jumlah mereka semakin bertambah, dan menjadikan London sebagai rumah perlindungan bagi aset-aset mereka.

Apartemen One Hyde Park ini mencakup sebanyak 80 unit. Selain Akhmetov, terdapat pembeli lain dengan kasta setara. Mereka antara lain orang terkaya di Eropa Timur yang identitasnya masih dirahasiakan, seorang emir dari Timur Tengah, dan elite Tiongkok.

Nick dan Christian Candy mengembangkan apartemen ini dengan dukungan pendanaan dari Seikh Qatar, Hamad bin Jassim bin Jabr al Thani. Sejak dilansir pada 2011, mereka telah meraup penjualan hampir 2 miliar poundsterling (Rp 38,9 triliun).

Fasilitas yang melengkapi apartemen ini adalah spa mewah, simulator golf, gudang anggur dan garasi khusus mobil mewah bermerek Rolls Royce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com