Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Internet, Konsumen Terus Berburu Lokasi Properti Terbaik

Kompas.com - 30/04/2014, 14:05 WIB
Tabita Diela

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian pengguna internet yang merangkap sebagai konsumen atau calon konsumen properti di Indonesia mulai cerdas dalam menggunakan teknologi. Setidaknya, itulah kesimpulan yang bisa ditarik dari pemaparan General Manager Rumah123.com Mario Gaw di Jakarta, Selasa (29/4/2014).

Mario menyimpulkan, berdasarkan survey yang diikuti lebih dari 6.700-an responden di Indonesia, situs properti spesifik masih menjadi pilihan utama pembeli properti untuk mencari info. Moda lain yang menjadi kecenderungan konsumen properti di Indonesia adalah cara konvensional, seperti mendatangi langsung properti, melihat di koran, dan menggunakan jasa broker.

Sementara itu, info yang dicari oleh konsumen juga berubah-ubah. Menurut Mario, data yang paling dicari calon konsumen properti di situs tersebutg sebelumnya adalah perbandingan harga, foto, dan detil informasi. Tapi, saat ini hal paling diburu adalah detil informasi properti, harga, foto, informasi KPR, serta informasi lingkungan sekitar properti. Khusus pada detail informasi properti, responden memberikan perhatian besar pada lokasi properti.

"Lokasi, harga, status properti seperti sertifikat dan legalitasnya menjadi pertimbangan utama," ujar Mario.

Para calon konsumen properti tersebut umumnya mencari rumah (86 persen), tanah (42 persen), serta ruko (31 persen). Belakangan Mario juga mengakui, bahwa 20 persen calon konsumen properti tersebut juga mencari apartemen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com