Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubai International, Bandara Tersibuk di Dunia

Kompas.com - 30/04/2014, 07:18 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber albawaba
KOMPAS.com - Dubai International Airport di Uni Emirat Arab, tampil sebagai bandara tersibuk di dunia untuk lalu lintas penumpang internasional selama kuartal pertama tahun 2014. Sebanyak 18.361.820 penumpang bepergian melalui bandara ini dalam periode tersebut.

Di tempat kedua tersibuk adalah Heathrow International Airport, London, mencatat 16.035.600 penumpang.

Dubai International yang merupakan basis bagi maskapai Emirates, memimpin di depan Heathrow selama dua bulan dan terus berlanjut ke bulan berikutnya. Lebih dari 6,2 juta penumpang menggunakan bandara ini pada bulan Maret. Jumlah ini naik 7,5 persen ketimbang periode yang sama tahun lalu sebanyak 5,8 juta penumpang. Sebaliknya dengan Heathrow yang justru mengalami penurunan 2,8 persen menjadi 5,7 juta penumpang pada periode yang sama.

Ini adalah ketiga kalinya dalam empat bulan, Dubai International mencatat lalu lintas bulanan lebih dari enam juta orang. Pencapaian tersebut sekaligus juga berkontribusi terhadap total persentase pertumbuhan penumpang sebesar 21,9 persen di bandara wilayah Australasia. Kemitraan Emirates dan Qantas ikut mendongkrak raihan prestasi ini.

Asia Barat juga dilaporkan mendulang pertumbuhan penumpang tertinggi sebanyak 112.953 orang. India merupakan tujuan utama dengan 751.390 penumpang pada Maret 2014, diikuti Arab Saudi yang dilintasi 518.555 penumpang internasional. Tempat berikutnya adalah Eropa Barat dengan 75.283 penumpang.

Selain itu, Dubai International juga menorehkan peningkatan dari sisi jumlah pendaratan dan tinggal landas pesawat 3,6 persen menjadi 32.849 kali hanya pada bulan Maret. Sementara secara keseluruhan selama satu kuartal membukukan aktivitas pesawat 96.694 kali atau naik 3,9 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Tak hanya mencatat pertambahan penumpang, volume pengiriman juga melonjak 6,7 persen   menjadi  228.154 ton. Angka ini berkontribusi terhadap volume triwulanan menjadi 613.876 ton atau naik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com