Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat... Jendela Bersih Bikin Anda Lebih Bersemangat!

Kompas.com - 29/04/2014, 12:14 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Tak dimungkiri, jendela yang bersih akan memasukkan sinar matahari lebih banyak dan menyehatkan. Paparan sinar matahari pagi yang masuk lewat jendela akan membuat Anda lebih sehat, berenergi dan bersemangat menjalani hari-hari sibuk.

Banyak cara untuk membersihkan jendela kaca di rumah Anda. Namun, tak ada salahnya menyimak cara sederhana berikut ini:

Pasta gigi

Tentu, tak cukup membersihkan kaca jendela hanya dengan air, apalagi jika kaca jendela sudah tergores. Untuk menghilangkan goresan ini, Anda bisa menggunakan pasta gigi.

Caranya, oleskan sedikit pasta gigi pada kain lap yang lembut. Setelah itu, gosokkan kain pada kaca selama 30 detik. Selanjutnya, gosok lagi dengan lap bersih sampai permukaan kaca mengilap.

www.shutterstock.com Mungkin, Anda berpikir, waktu paling tepat membersihkan kaca adalah saat matahari bersinar terik. Itu salah besar. Sinar matahari terik akan menyebabkan jendela jadi bergaris-garis
Pakai cuka

Sebenarnya, tak perlu membeli cairan pembersih kaca, karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya, campur cuka dengan air hangat dalam komposisi sama banyak. Kemudian, semprotkan cairan cuka tersebut pada kaca dan lap seperti biasa sampai bersih. Cuka akan membantu memecah kandungan kimia pada minyak di bagian permukaan jendela.

Kertas filter (penyaring) kopi

Jangan gunakan tisu untuk mengelap kaca jendela. Tisu kertas akan rusak jika terkena air sehingga bisa meninggalkan kotoran di kaca, sedangkan mengelap kaca menggunakan lap akan meninggalkan serabut-serabut halus. Untuk itu, ada baiknya Anda menggunakan kertas filter (penyaring) kopi. Kertas ini memiliki daya serap air yang tinggi tanpa meninggalkan bekas.

Cuaca berawan

Mungkin, Anda berpikir, waktu paling tepat membersihkan kaca adalah saat matahari bersinar terik. Itu salah besar. Sinar matahari terik akan menyebabkan jendela jadi bergaris-garis lantaran kaca mengering terlalu cepat. Sebaiknya, bersihkan jendela saat cuaca sedang berawan.

Memang, di tengah suhu Jakarta yang sangat panas seperti saat ini, jendela menjadi salah satu bagian rumah yang perlu diperhatikan. Simak Jakarta Makin Panas... Mainkan Jendela Rumah Anda, Bukan Pasang AC!.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com