Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura Kembangkan Perkampungan Modern untuk Para Lansia

Kompas.com - 28/04/2014, 14:58 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak cara untuk menghormati dan memperlakukan para warga negara senior (lansia) secara lebih manusiawi. Salah satunya dengan membangun perkampungan terpadu yang dilengkapi berbagai fasilitas penunjang seperti yang sedang dilakukan pemerintah Singapura baru-baru ini.

Pembangunan kampung lansia di kawasan Woodlands tersebut secara resmi dimulai Sabtu (26/4/2014) lalu, ditandai seremoni peletakan batu pertama oleh Menteri Pembangunan Nasional, Khaw Boon Wan. Perkampungan Woodlands akan dibangun terintegrasi dan modern, dilengkapi dengan flat garapan Housing Development Board (HDB).

Perkampungan tersebut dinamakan "Kampung Admiralty". Proyek ini merupakan bagian dari visi untuk menumbuhkan ikatan yang lebih erat di antara sesama penduduk baik lansia maupun kalangan muda, serta menyalakan kembali semangat perkampungan yang egaliter.

Pembangunan "Kampung Admiralty" terbagi dalam tiga level kategori dan dirancang sebagai titik temu berkelanjutan. Bagian terbawah akan menampilkan toko-toko eceran dan alun-alun tempat berkumpulnya warga penghuni. Sedangkan di bagian tengah terdapat pusat jajanan dengan 50 kios masakan dan 900 tempat duduk.

Di bagian tengah ini pula akan dibangun pusat medis dua lantai yang berisi 100 unit kamar dengan 4 tempat tidur, klinik rawat jalan, operasi harian, rehabilitasi dan layanan diagnostik. Masyarakat dapat mengakses layanan ini setelah mendapatkan arahan dari penyedia layanan kesehatan primer.

Sementara di level paling atas akan dikembangkan dua blok apartemen tipe studio yang terdiri atas 100 unit. Apartemen-apartemen ini mulai dijual pada Juni mendatang sebagai implementasi  konsep build to order HDB. Masing-masing unit akan dipasang fitur baru seperti sistem pengering pakaian dalam dan luar ruang serta kompor induksi.

Fasilitas penunjang lainnya juga akan dibangun yakni pusat penitipan sebanyak 200 anak per hari, dan klinik perawatan lansia. Untuk mengakses fitur ini, ada kemudahan yang disediakan HDB yakni layanan kesehatan dan sosial untuk warga penghuni senior berkapasitas 100 orang per hari.

Untuk mengoptimalkan penggunaan lahan, lantai basement bisa dimanfaatkan sebagai area parkir mobil, motor, dan juga sepeda dengan sistem penyimpanan mekanik. Sistem ini dapat menampung sekitar 500 sepeda dan merupakan yang pertama di Singapura. Pekerjaan konstruksi "Kampung Admiralty", akan dimulai akhir tahun ini.

Khaw menjanjikan bahwa Kementerian Pembangunan Nasional akan membantu mewujudkan keinginan keluarga yang ingin tinggal bersama-sama. "Dengan cara ini, para lansia dan pensiunan semakin dihargai. Ini akan menjadi kampung pensiun. Saya yakin ini akan berhasil dan selanjutnya kami akan mengembangkan hal serupa di wilayah lain," janji Khaw.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com