Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini, Agar Lemari Es Benar-benar Hemat Energi!

Kompas.com - 23/04/2014, 14:25 WIB
KOMPAS.com - Hemat energi adalah cara kita berperilaku sehari-hari di rumah. Salah satu contohnya adalah pemakaian lemari es berbasis hemat energi. Tapi, upaya tersebut akan percuma jika perilaku kita cenderung membuat konsumsi energi meningkat.

Berikut adalah kiat-kiat agar lemari es hemat energi. Selain dapat menyelamatkan bumi, Anda bisa lebih berhemat saat membayar tagihan listrik bukan?

1. Hindari meletakkan lemari es di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Selain itu, jauhi dari barang-barang yang dapat menghasilkan panas, seperti kompor, oven, atau microwave. Berikan jarak minimal 15 cm dari dinding, atau sesuai buku petunjuk, karena lemari es memerlukan ruang untuk keluarnya udara panas.

2. Biasakan tidak berlama-lama membuka pintu lemari es. Ketika pintu lemari es terbuka, akan terjadi lonjakan daya yang digunakan oleh lemari es.

3. Atur lemari es di suhu ideal. Untuk lemari pendingin, yaitu 2-4 derajat celcius, sedangkan untuk freezer -15 derajat Celcius. Semakin dingin temperatur es, tentu semakin lama kompresor bekerja sehingga konsumsi energi listrik semakin besar. Apabila tidak terlalu terpakai, usahakan atur suhu minum pada lemari es.

4. Pastikan makanan tidak dalam keadaan panas, saat ingin dimasukkan ke dalam lemari es. Jika demikian, makanan tersebut akan menaikan suhu di dalam, sehingga lemari es harus bekerja lebih keras untuk mengembalikan ke suhu semula.

5. Isi lemari es sesuai dengan muatannya. Penyimpanan yang berlebih akan menutup jalur aliran udara dingin yang nantinya akan mengganggu sirkulasi udara. Pada akhirnya, lemari es akan bekerja lebih berat untuk mencapai suhu yang telah di atur.

6. Jangan biarkan lemari es kosong. Pada saat kosonng, lemari es membutuhkan daya listrik yang lebih besar, sehingga maksimalkan lemari es, namun tak perlu berlebihan.

7. Susun isi lemari es dengan teratur. Hal ini dapat menghindari Anda berlama-lama membuka lemari es lantaran isinya berantakan.

Selain itu, jika ingin meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya Anda mematikan lemari es. Walaupun lemari es terbuka untuk mencegah terbentuknya jamur di dalamnya. Hanya, keluarkan dulu semua isinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com