Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai "Sleeping Bag" Ini dan Bersiaplah "Dimakan" Beruang!

Kompas.com - 22/04/2014, 15:12 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Seniman yang berbasis di Belanda, Eiko Ishizawa, membuat satu karya seni istimewa berupa kantung tidur (sleeping bag). Kantung tidur tersebut bernama "The Great Sleeping Bear" atau "Beruang Tidur yang Luar Biasa".

Sesuai namanya, kantung tidur ini memiliki bentuk menyerupai beruang. Penggunanya seolah tampak "dimakan" oleh beruang tersebut.

Ishizawa mengaku, karya tersebut terinspirasi oleh berita di Bavaria pada 2006 silam. Beritanya mengenai seekor beruang yang kabur dari Alpen di sisi Italia ke sisi Bavaria.

"Beruang tersebut menjadi masalah, karena dia beruang liar pertama yang muncul dalam 170 tahun. Dia membangkitkan banyak diskusi di antara penduduk dan pemerintah, apakah dia harus dibunuh atau tidak. Pada akhirnya, dia diburu," ujar sang seniman.

Ishizawa begitu tertarik pada cerita tragis beruang tersebut. Selain itu, sang seniman juga menemukan bahwa beruang ini berhasil menumbuhkan berbagai ide dan emosi penduduk dunia. Beruang ini seolah perlambang usaha penyeberangan antar-negara.

"Untuk menciptakan kembali insiden tersebut, saya membuat sebuah obyek dengan tampilan realistis seekor beruang, dengan fungsi sebagai sleeping bag. Dengan menggunakan konotasi ini pada peralataan outdoor, karya saya ini menepis relasi kontradiktif antara kekaguman dan kecintaan manusian pada alam dengan batasan-batasan yang jarang kita dobrak," ungkap Ishizawa.

Eiko Ishizawa Tampak samping The Great Sleeping Bear.

"Beruang Tidur yang Luar Biasa" dibuat dari bulu sintetis (fake fur), karet, ritsleting, kaca untuk mata, dan bahan pelapis. Ukuran kantung tidur ini pun tidak jauh dari bentuk asli beruang, yaitu 190 x 73 x 28cm.

Kantung tidur tersebut kini dijual oleh Ishizawa dalam jumlah terbatas. Seperti dikutip dari Designboom, dia hanya membuat beberapa buah kantung tidur dalam satu tahun. Selain itu, tidak hanya sekadar membeli, Ishizawa juga meminta para pembeli menggunakan kantung tidur ini dan memotretnya di berbagai lokasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com