Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rancangan Baru, Bandara Istanbul Bakal yang Terbesar di Dunia

Kompas.com - 21/04/2014, 12:17 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Trio firma arsitektur internasional ditunjuk untuk merancang kompleks terminal sebagai bandara internasional terbaru Istanbul. Tahap pertama operasional bandara tersebut dijadwalkan dibuka pada 2019.

Terletak di tepi Laut Hitam atau sekitar 35 kilometer di luar ibukota Turki tersebut, proyek kolaboratif ini menyatukan keahlian arsitek dari Grimshaw, arsitek Haptic, serta dari kantor arsitektur Nordic. Proyek tersebut ditargetkan sebagai terminal bandara terbesar di dunia, dengan luas lantai kotor hampir 1.000.000 meter persegi.

www.designboom.com Skema terminal tersebut akan meliputi pembangunan enam landasan pesawat yang akan dibagi dalam empat bagian. Tahap pertama dari operasional terminal ini akan dibuka pada 2019 mendatang untuk melayani 90 juta penumpang per tahun.
Skema terminal tersebut akan meliputi pembangunan enam landasan pesawat yang akan dibagi dalam empat bagian. Tahap pertama dari operasional terminal ini akan dibuka pada 2019 mendatang untuk melayani 90 juta penumpang per tahun. Angka itu diprediksi akan meningkat menjadi lebih dari 150 juta wisatawan setelah tahap akhir proyek tersebut selesai.

Namun, meski dirancang dengan skala sangat besar, bangunan megah tersebut tetap ramah dengan kenyamanan para penumpang. Seluruh plasa sentralnya dibuat luas dengan halaman depan berupa keramaian lalu lintas yang nyaman dan berfungsi sebagai hub terintegrasi dengan kereta api, bus kota, dan mobil pribadi.

www.designboom.com Seluruh plasa sentralnya dibuat luas dengan halaman depan berupa keramaian lalu lintas yang nyaman dan berfungsi sebagai hub terintegrasi dengan kereta api, bus kota, dan mobil pribadi.
Struktur bangunan dari proyek ini ditandai dengan langit-langit berkubah untuk memfasilitasi arus penumpang dan meningkatkan pemanfaatan seluruh fasilitas terminal. Kanopinya berdifusi dengan sinar matahari yang masuk melalui skylight. Dari situlah cahaya alami matahari akan menerangi area-area penting terminal, misalnya di area check-in, ruang keamanan, kontrol paspor/visa dan berbagai gerai ritel. Dalam rangka membangun cita rasa lokal, pola geometris digabungkan bersama-sama dengan warna dan nada yang bernuansa Istanbul penuh cahaya.

"Kami sangat senang ditunjuk untuk proyek berani dan aspiratif ini. Kami berbagi ambisi untuk mengembangkan desain bandara yang benar-benar luar biasa dan layak bagi kota dunia seperti Istanbul," ujar Andrew Thomas dari.Grimshaw.

www.designboom.com Struktur bangunan dari proyek ini ditandai dengan langit-langit berkubah untuk memfasilitasi arus penumpang dan meningkatkan pemanfaatan seluruh fasilitas terminal. Kanopinya berdifusi dengan sinar matahari yang masuk melalui skylight.
"Kami senang dapat merespon tuntutan tinggi dari klien dan menciptakan solusi yang luar biasa, baik itu dalam hal fungsi maupun arsitekturnya," timpal Gudmund dari Nordic.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com