Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Tamu dengan Cara Sempurna

Kompas.com - 19/04/2014, 06:43 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Desainer Estee Stanley sudah pernah menangani dekorasi seluruh bagian rumah, tidak terkecuali area pintu masuk. Menurut sang desainer, area pintu masuk sama seperti mata, yaitu jendela menuju jiwa Anda. Maka itu, area pintu perlu juga mendapatkan perhatian khusus. Lantas, bagaimana cara membuat area pintu masuk yang istimewa?

"Sama seperti mata adalah jendela menuju jiwa Anda, pintu masuk rumah merupakan jendela menuju keseluruhan rumah. Jadi, lebih baik Anda membuatnya jadi istimewa! Dalam membuat desain menawan untuk menyambut tamu ketika masuk rumah, pertimbangkan ukuran ruang, penggunaannya, dan apa yang ingin Anda tonjolkan untuk mewakili ruang-ruang di belakangnya," ujar Stanley.

Pertama-tama, ukur ruang atau area pintu masuk di rumah. Pertimbangkan juga bentuk lorong rumah Anda. Ukuran serta bentuk ini akan "mendikte" desain ruangan tersebut. Jika memiliki koridor yang panjang dan sempit di depan pintu utama, maka Anda membutuhkan meja konsol ramping dan sebuah cermin di atasnya. Cara ini bisa menciptakan kesan tinggi dan kedalaman di ruang tersebut.

Sementara, jika Anda punya area pintu masuk yang besar, bisa menggunakan meja dengan permukaan melingkar. Seperti area pintu masuk hotel, gunakan meja melingkar tersebut dan hias menggunakan banyak bunga di dalam vas. Anda akan memberikan kesegaran tepat di depan pintu masuk rumah.

Kedua, sediakan tempat duduk di ruangan tersebut. Memberikan kursi, meski ukurannya kecil, bisa menawarkan rasa nyaman bagi tamu Anda. Jika ruang Anda sangat terbatas, coba gunakan tempat duduk berukuran kecil dan letakkan di bawah meja konsol. Ketika ingin digunakan, Anda atau tamu bisa menariknya dari bawah meja.

Ketiga, pastikan apa pun yang Anda letakkan di area pintu masuk rumah harus kuat dan tidak mudah rusak. Pasalnya, area tersebut akan dilalui oleh banyak orang. Hindari memajang atau menaruh barang yang terlalu lembut atau rentan rusak. Jika Anda bersikeras memajang barang tersebut, letakkan saja di ruang tamu yang tidak jauh dari area pintu masuk. Pastikan juga Anda menggunakan karpet dengan bahan yang kuat dan tidak mudah rusak.

Terakhir, buatlah "lapisan" pencahayaan dengan menggunakan beberapa lampu atau sumber penerangan. Gunakan lampu gantung dekoratif. Tambahkan lampu dinding, atau lampu meja yang bisa diletakkan di permukaan meja konsol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com