Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiru Cara Desainer Belanda Entaskan Kemiskinan di India

Kompas.com - 18/04/2014, 17:03 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dezeen

KOMPAS.com - Kabar baik dan produk berkualitas baik juga bisa berasal dari lingkungan kumuh. Seorang desainer produk asal Belanda, Pepe Heykoop, bekerja sama dengan Tiny Miracles Foundation berusaha menyelamatkan penduduk Mumbai di India dari kemiskinan. Caranya bukan dengan pemberian bantuan tunai secara langsung, melainkan memberikan pekerjaan bagi sekitar 80 keluarga di sana.

Dalam pagelaran desain akbar dunia di Milan pekan lalu, Heykoop mengungkapkan para pekerja tersebut membantunya membuat Paper Vase atau vas bunga dari kertas. Para pekerja ini menerima upah sekitar delapan Euro setiap hari (sekitar Rp 126.251,62). Jumlah ini rupanya delapan kali lebih besar dari penghasilan rerata penduduk India di daerah kumuh setiap harinya.

Proyek ini ditargetkan mampu mengentaskan 700 orang dari kemiskinan dalam waktu sepuluh tahun. "Ambisinya adalah memiliki 700 orang yang keluar dari kemiskinan dalam sepuluh tahun. Kami sudah setengah jalan," ujar Heykoop.

Vas tersebut baru diluncurkan Februari lalu di Ventura Lambrate, Milan. Selain Paper Vase, ada pula produk lain yang juga didesain oleh Heykoop sebagai bagian dari proyek Tiny Miracles Foundation. Heykoop juga mendesain lampu dari kertas yang menggunakan prinsip serupa dengan vas.

Setelah dibuat oleh para pekerja, produk ini dikirim dari Mumbai ke studio Heykoop di Amsterdam. Kemudian baru didistribusikan ke konsumen di seluruh dunia. Jika pembeli berasal dari India atau sekitarnya, produk bisa langsung dikirimkan ke lokasi pembelian.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com