Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qatar Benamkan Rp 6,2 Triliun di Swiss untuk Hotel Resor

Kompas.com - 18/04/2014, 12:11 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Ledakan bisnis perhotelan di Swiss tampaknya tak tertahankan lagi. Menyusul aksi ekspansi Qatar melalui Katara Hospitality Switzerland AG. Sayap bisnis hotel yang sahamnya dimiliki pemerintah Qatar tersebut membenamkan dana 485 juta franc atau setara Rp 6,2 triliun.

Pengembangan hotel resor tersebut berada di kawasan resor beken, Buergerstock, di atas danau Lucerne, Swiss Tengah. Konstruksi tahap pertama adalah Waldhotel, mencakup 160 kamar dan beberapa suites. Katara menjadwalkan hotel ini beroperasi pada 2017 mendatang.

Secara keseluruhan, terdapat tiga resor di Buergerstock dengan jumlah kamar sebanyak 400 unit dan suites dalam 30 bangunan terpisah. Fasilitas-fasilitas akomodasi ini dilengkapi dengan dua belas restoran dan bar.

Beberapa bagian dari proyek tersebut sudah direalisasikan, seperti lapangan tenis, kedai "1879", pusat energi, akses baru dan restoran "Hammetschwand". Restoran gunung ini sangat legendaris karena berada di atas dinding batu dengan ketinggian 152 meter. Untuk mencapainya harus menggunakan lift ruang ruang yang merupakan tertinggi di Eropa.

Selain di Buergerstock, Qatar juga mengembangkan resor mewah lainnya di Schweizerhof, Bern, dan Royal Savoy di Lausanne serta beberapa hotel mewah lainnya di seluruh Eropa.

Kehadiran hotel resor mewah milik Qatar tersebut menambah daftar panjang sekaligus menegaskan Swiss sebagai gudang hotel-hotel mewah kelas dunia. Sebelumnya telah hadir proyek hotel baru yakni Andermatt Swiss Alps, dan hotel supermewah The Alpina di Gstaad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com