Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Biarkan Ruang di Bawah Tangga Kosong

Kompas.com - 16/04/2014, 16:56 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Bagian bawah tangga sebenarnya bisa dimanfaatkan secara maksimal. Anda bisa melihat contohnya di dalam film Harry Potter. Sang penyihir muda menghabiskan seluruh masa kecilnya tinggal di dalam ruang sempit di bawah tangga.

Selain menjadi ruang "darurat", bagian bawah tangga juga bisa memiliki berbagai fungsi lain. Berikut ini beberapa inspirasi cara mengisi ruang kosong di bawah tangga.

Pertama, jika tangga berada tidak jauh dari pintu masuk, solusi ini sangat tepat. Anda bisa membuat ruang di bawah tangga sebagai tempat menyimpan jaket, payung, dan sepatu.

Kedua, Anda bisa menggunakan area di bawah tangga sebagai lemari bahan makanan, khususnya bahan makanan kering dan berbagai perlengkapan masak. Untuk menambah ruang penyimpanan, Anda juga bisa menambahkan kereta dorong di dalamnya.

Homeworkremodels.com dan Amyvermillion.com Anda juga bisa memanfaatkan bagian bawah tangga sebagai ruang duduk mungil.
Ketiga, jadikan ruang di bawah tangga sebagai ruang duduk mungil. Bila perlu, jadikan juga dinding-dinding di sekitarnya sebagai rak buku. Dengan cara ini, Anda bisa memiliki "perpustakaan" mungil di bawah tangga.

Keempat, jadikan area di bawah tangga sebagai tempat bermain anak. Biarkan terbuka agar Anda bisa dengan mudah mengawasi mereka. Ketika tidak digunakan, Anda bisa menjadikannya tempat untuk menyimpan mainan. Selain itu, membuat ruang di bawah tangga menjadi "rumah-rumahan" untuk anak Anda juga ide yang baik.

Jika tidak memiliki anak, Anda juga bisa menjadikan area di bawah tangga sebagai ruang kerja mungil. Selain hemat tempat, ruang di bawah tangga yang terkesan tertutup juga ideal untuk memusatkan pikiran Anda pada pekerjaan.

Anda pun bisa memanfaatkan area di bawah tangga sebagai kamar kecil. Sebaiknya, pastikan kamar kecil tersebut hanya berfungsi sebagai kamar mandi cadangan yang tidak berfungsi penuh. Artinya, Anda hanya menyediakan kloset dan wastafel agar tetap kering.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com