Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Supermal Balikpapan, Versi Mini "Senayan City"

Kompas.com - 16/04/2014, 08:07 WIB
Hilda B Alexander

Penulis


BALIKPAPAN, KOMPAS.com - 
Satu lagi pusat belanja dikembangkan di Balikpapan, Kalimantan Timur, bertajuk Supermal Balikpapan. Proyek ini merupakan ekspansi bisnis dari PT Supermal Karawaci. Berada di koridor A Yani, Supermal Balikpapan diklaim sebagai versi mini Senayan City Jakarta.

Managing Director PT Supermal Karawaci, Heru Nasution, menuturkan, konsep Supermal Balikpapan adalah pusat belanja gaya hidup (lifestyle mall) dengan peritel merek menengah atas.

"Mengacu pada konsep Senayan City. Bedanya ukuran bangunan Supermal Balikpapan tak sampai separuh Senayan City. Ini miniaturnyalah. Jadi bukan one stop shopping mall seperti Supermal Karawaci di mana segala barang kebutuhan dapat ditemui," papar Heru, kepada Kompas.com, Selasa (15/4/2014).

Lebih jauh, Heru menjelaskan keputusan membangun fasilitas belanja yang tak begitu besar ini didasari oleh perkembangan aktual di Balikpapan. Saat ini sedang dikembangkan tiga properti sejenis, di luar Supermal Balikpapan yakni ekstensi The Plaza Balikpapan , Pentacity Mall, dan Dome Mall. Belum termasuk pusat belanja eksisting seperti E-walk, The Balcony, The Plaza Balikpapan lama, dan Mal Balikpapan Baru. 

"Meski tidak sekuat Tangerang, namun pertumbuhannya bisa dikatakan pesat. Untuk itu kami harus hati-hati memilih konsep. Kami konsentrasi pada needs segmen pasar yang kami bidik. Terlebih Balikpapan punya potensi untuk pengembangan pusat-pusat belanja baru. Kami tidak ingin berkompetisi melainkan bersinergi," kata Heru.

Untuk itu, konsep menjadi identitas utama Supermal Balikpapan. Tak main-main, guna merealisasikan konsep tersebut PT Supermal Karawaci menggandeng arsitek asal Amerika Serikat, RTKL. Mereka dikenal sebagai perancang Ciputra World 1 Jakarta. Desain RTKL atas Supermal Balikpapan menekankan pada outdoor activity, terutama pada area kuliner. 

Supermal Balikpapan dikembangkan seluas 40.000 meter persegi. Dengan bangunan seluas ini, mereka hanya dapat mengakomodasi peritel dengan jumlah terbatas. Itupun harus melalui proses seleksi terlebih dulu, disesuaikan dengan konsepnya. Ada pun peritel yang sudah memberikan konfirmasi dan komitmen untuk bergabung adalah Parkson Department Store, Lottemart, medium brands Mitra Adi Perkasa untuk kuliner dan apparel, Transmahagaya untuk kuliner, merek baru untuk sektor elektronik, dan lain sebagainya. 

Selain Supermal Balikpapan, di area yang sama juga akan dibangun gedung perkantoran dua menara masing-masing 24 lantai, apartemen empat menara (35 lantai), dan hotel Garden Inn. "Pembangunan akan dilakukan secara bertahap. Pusat belanjanya mulai beroperasi pada kuartal III tahun 2015," tandas Heru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com