Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pastikan Rumah Anda Bebas Alergen! Begini Caranya...

Kompas.com - 15/04/2014, 16:53 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Houzz.com
KOMPAS.com - Bagi penderita alergi debu, tanpa sengaja melakukan kontak dengan debu atau serbuk sari dari tumbuhan akan menyebabkan bersin-bersin, gatal, kulit kemerahan, bahkan pembengkakan di permukaan kulit. Hal ini tentu tidak nyaman. Lindungi diri Anda atau anggota keluarga yang memiliki alergi dengan melakukan beberapa cara berikut ini.

Pertama, pastikan Anda menaruh mobil di dalam garasi untuk menghindari tumpukan debu dari jalan raya atau serbuk sari dari tumbuhan di luar rumah. Jika tidak memiliki garasi tertutup, usahakan membersihkan mobil secara teratur. Ketika parkir, pastikan Anda menutup jendela mobil dengan sempurna.

Jangan lupa, sediakan juga tisu basah di dalam mobil dan di area pintu masuk rumah. Tisu basah bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan tangan dari debu maupun serbuk sari dan mencegah alergen sampai ke muka ketika Anda menyentuhnya.

Kedua, selalu sediakan keset di depan rumah. Kemudian, gunakan keset tersebut sebelum masuk rumah. Sebisa mungkin, tanggalkan sepatu Anda dan letakkan di area khusus tidak jauh dari pintu masuk.

Ketiga, jangan hanya mencegah diri sendiri dan anggota keluarga membawa masuk debu dan kotoran dari luar. Pastikan juga binatang peliharaan Anda tidak membawa masuk penyebab-penyebab alergi ke dalam rumah. Sikat bulu binatang peliharaan dan bersihkan tapak kakinya sebelum mereka masuk ke rumah. Setelah itu, bersihkan juga sikat dan tempat Anda membersihkan mereka.

Keempat, jangan lupa membersihkan secara berkala beberapa tempat dan peralatan yang tanpa sengaja menumpuk debu. Misalnya, kasa di lubang-lubang angin di atas jendela rumah, baling-baling kipas angin, serta permukaan meja atau bagian atas lemari di dalam rumah. Anda bisa membersihkannya dengan pembersih vakum atau kain lap.

Kelima, kosongkan kantung pembersih vakum di luar rumah. Jangan biarkan tumpukan kotoran kembali tersebar di dalam rumah.

Ketujuh, bersihkan juga teras rumah. Jika di dalam rumah yang tertutup sekali pun debu bisa menumpuk, kini bayangkan teras yang langsung berhadapan dengan jalan di depan rumah Anda! Pastikan Anda membersihkan debu menumpuk di tempat tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Houzz.com

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com