Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernah Coba Ubin "Koin"? Inilah Inspirasinya!

Kompas.com - 15/04/2014, 11:41 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Houzz.com
KOMPAS.com - Ubin "koin" dikenal juga dengan sebutan penny tiles. Ubin semacam ini dibuat dari bahan yang sama seperti ubin-ubin penutup dinding dan lantai pada umumnya.

Warna ubin pun beragam. Satu-satunya unsur yang membedakan ubin "koin" dengan ubin lainnya adalah bentuk melingkar.

Menggunakan ubin jenis ini membawa nuansa berbeda bagi interior rumah. Kontributor Houzz, Karen Egly Thompson mengungkapkan, ubin "koin" sudah dikenal sejak 1900-an. Jenis ubin tersebut bisa dengan mudah beradaptasi dan tampil cantik untuk segala gaya dekor, mulai gaya dekorasi Victoria hingga moderen midcentury, sampai kontemporer.

Semula, ubin jenis ini memang hanya digunakan untuk menutup lantai. Rupanya sebagai penutup dinding pun ubin tersebut mampu tampil istimewa. Berikut ini beberapa inspirasi penggunaan ubin "koin" yang bisa Anda terapkan di rumah.

Terrat Elms Interior Design Tidak hanya di kamar mandi, ubin dengan bentuk "koin" juga bisa digunakan di dapur. Efek yang ditimbulkan dari penggunaan ubin semacam ini sedikit berbeda dan lebih menarik dari ubin dengan bentuk persegi atau persegi panjang pada umumnya.
Pertama, gunakan ubin "koin" sebagai penutup dinding dapur antara permukaan meja dan lemari dapur. Dinding ini sering juga disebut sebagai backsplash.

Sesuai namanya, penutup dinding di bagian ini perlu tahan terhadap cipratan air dan noda saus. Ubin keramik merupakan jawaban yang tepat. Apalagi, Egly Thompson juga menyatakan, backsplash mampu memberikan tekstur dalam dapur Anda dengan halus. Anda tak perlu takut mengeksplorasi warna dan bentuk bagi backsplash.

Kedua, Anda juga bisa menggunakan ubin "koin" untuk menutup seluruh dinding atau setengah bagian dinding di kamar mandi. Menutup dinding dengan ubin jenis ini menciptakan tekstur yang seragam tanpa tampil terlalu padat dan memusingkan.

Tingkat kelembutannya juga bisa Anda atur dengan memilih warna yang tepat. Bukan hanya mengatur warna ubin, namun juga warna natnya. Nat yang terlalu mencolok, seperti warna hitam bagi ubin berwarna putih, cenderung lebih memusingkan. Cara ini lebih cocok jika Anda ingin membuat efek kontemporer.

Ketiga, ubin "koin" juga bisa Anda manfaatkan sebagai aksen. Gabungkan dengan ubin jenis lain atau gunakan sebagai pengisi ceruk tempat sabun di kamar mandi. Kuncinya, Anda hanya perlu memilih ubin "koin" dengan warna yang senada atau melengkapi warna ubin jenis berbeda.

The Habitus Collection dan Kelly Scanlon Interior Design Di kamar mandi, ubin semacam ini bisa digunakan untuk menutup dinding maupun untuk menutup lantai.
Keempat, Anda tentu bisa menggunakan ubin jenis ini untuk menutup lantai kamar mandi. Ubin jenis ini cenderung tidak licin, jadi aman digunakan untuk kamar mandi anak maupun lansia.

Selanjutnya, Anda bisa juga menggunakan ubin "koin" sebagai penghias pilar di rumah Anda. PIlar, terutama pilar yang berbentuk tabung, biasanya sulit diberi aksen dari ubin. Mozaik mungil dari ubin-ubin "koin" bisa mengatasi masalah ini dengan mudah.

Tertarik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Houzz.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com