Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Ciamik Menyulap Rumah Lebih Menarik

Kompas.com - 11/04/2014, 16:47 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Houzz.com

KOMPAS.com - Rumah Anda belum tentu butuh renovasi. Kemungkinan, Anda hanya sekadar bosan dengan tampilan atau gaya dekornya. Karena itu, isi akhir pekan Anda dengan mendekor ulang rumah. Hanya dengan melakukan beberapa langkah mudah berikut ini, Anda bisa memiliki tampilan rumah yang jauh lebih segar.

Langkah pertama, sebelum menambahkan barang-barang dekoratif atau furnitur baru, Anda perlu menyingkirkan barang-barang yang tidak terpakai atau sekadar memenuhi interior rumah. Singkirkan juga barang yang sudah terlalu usang dan tidak dapat digunakan kembali. Selain itu, perhatikan pula barang-barang yang tidak berada di tempatnya. Misalnya, pakaian yang berserakan di kamar tidur. Padahal, seharusnya pakaian-pakaian tersebut berada di dalam lemari.

Langkah kedua, berikan "wajah" baru bagi furnitur yang sudah Anda miliki. Ada cara mudah hingga cara sulit dan mahal untuk melakukan hal ini. Cobalah memberikan perhatian pada kursi kayu, pigura cermin, meja, atau rak di rumah. Anda juga bisa memberikan hiasan dekoratif pada ottoman, tudung lampu, hingga gorden.

Anda juga bisa mengganti dudukan kursi, menambahkan lapisan pada kursi atau sofa, hingga sekadar menambah bantal. Hal-hal sederhana pun bisa mengubah dan menyegarkan tampilan rumah.

Mulailah menyingsingkan lengan baju dan mengubah warna dinding di rumah. Hal ini memang tidak instan. Perlu waktu cukup banyak untuk mewarnai seluruh dinding rumah. Karena itu, tidak ada salahnya hanya mewarnai beberapa, bahkan hanya satu dinding aksen untuk sekadar mengubah nuansa.

Langkah keempat bisa Anda lakukan tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Anda hanya perlu menggeser furnitur. Mengubah penataan rumah membuat sirkulasi di rumah pun berubah. Cara ini bisa membuat rumah terasa berbeda. "Pengalaman" menjelajah rumah pun berbeda.

Setelah mencoba hal-hal ini, baru mulailah berbelanja. Lihat aksen yang benar-benar Anda perlukan untuk membuat rumah tampak menyatu. Lakukan riset kecil-kecilan. Setelah itu, baru beli aksen tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Houzz.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com