Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serunya Tersesat di Labirin The BIG Maze!

Kompas.com - 04/04/2014, 08:08 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - National Building Museum (NBM) di Washington, D.C. secara resmi mengumumkan bahwa BIG akan membuat instalasi berupa labirin di tengah-tengah museum pada musim panas mendatang.

BIG merupakan kelompok arsitek, desainer, insinyur, dan pemikir yang berbasis di Kopenhagen dan New York. Untuk proyek ini, NBM dan BIG menjalin rekanan kerja untuk membuat labirin terbesar yang pernah disaksikan NBM.

Labirin ini akan hadir di atrium utama museum pada 4 Juli 2014 mendatang hingga 1 September 2014. Dikutip dari situs resminya, pihak museum mengajak para pengunjung untuk "tersesat" di dalam labirin tersebut selama musim panas. Ajakan ini rupanya tidak main-main. Karya instalasi raksasa tersebut memang bisa membuat pengunjung "hilang" di antara lika-liku labirin.

Labirin atau maze ini memiliki ukuran dinding tertinggi 5,4 m dengan tapak seluas 18,6 m x 18,6 m. Uniknya, dinding setinggi 5,4 m akan semain turun hingga ke tengah labirin. Jadi, ketika sudah mencapai pusat, penggunjung tahu arah keluar dari labirin tersebut. Sesuai rencana, BIG akan menggunakan tripleks dari kayu birch Baltik untuk membangun labirin ini.

Prinsipal BIG Bjarke Ingels mengungkapkan bahwa konsep labirin ini sebenarnya sederhana. Dikutip dari situs resmi museum, dia mengungkapkan, "Konsepnya sederhana. Semakin Anda berjalan ke dalam labirin, biasanya jalur Anda akan semakin terbelit. Bagaimana jika kami membalik skenario ini dan menciptakan sebuah labirin yang mampu memberikan kejernihan dan pengertian visual ketika Anda mencapai jantung labirin?"

Dari luar, labirin ini memang akan tampak mengerikan. Dinding tinggi dari kayu birch dengan sedikit bukaan di beberapa sisi hanya bisa dimasuki oleh pengunjung museum bernyali. Namun, ketika sampai di jantung labirin, pengunjung akan sadar bahwa dia dapat dengan mudah mencari jalan keluar dari labirin tersebut.

Labirin yang diberi nama dari kreatornya, The BIG Maze, ini merupakan bagian dari acara tahunan Summer Block Party. Rangkaian program, pameran, konser, acara tengah malam, akan diadakan oleh museum.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com