Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti Cara Mudah Mengecat Rumah

Kompas.com - 29/03/2014, 08:24 WIB
Tabita Diela

Penulis


KOMPAS.com - 
Rumah berukuran kecil bukan alasan bagi Anda untuk tidak membuatnya layak huni, nyaman, dan enak dilihat. Rumah yang kecil hanya berarti bidang dindingnya juga terbatas. Tentu, proses pewarnaannya jauh lebih cepat daripada dinding di rumah berukuran besar. Artinya, Anda bisa menggunakan waktu senggang untuk memperbarui tampilan rumah tanpa perlu meminta bantuan profesional.

Desainer Jeff Lewis, memberikan tips mudah mewarnai dinding rumah. Selain mudah dilakukan, tips ini juga mudah diingat. Simak tipsnya berikut ini!

 
Pertama, usahakan warna cat yang Anda pilih "bercerita" mengenai rumah dan hidup Anda. "Bergantung pada ukuran rumah Anda, cobalah menetapkan diri pada dua hingga lima koordinasi warna. Cerita warna yang kohesif akan memastikan kontinuitas rumah, khususnya bagi rumah berkonsep ruang terbuka (open floor)," ujar Lewis seperti dikutip Domainhome.
 
Kedua, tes dulu warna yang ingin Anda gunakan. Anda harus mencoba warna di ruangan sebenarnya. "Saya menggunakan papan poster bercat, jadi saya bisa dengan mudah mengecek warna dari ruang ke ruang."
 
"Pilihlah warna netral," ujar Lewis. Ini tips ketiga untuk Anda. Rupanya, sang desainer menyukai warna-warna "bisu" yang mampu tampil cantik dengan warna dan nuansa apa pun. "Warna-warna ini merupakan latar yang sempurna untuk menunjukkan furnitur, seni, dan aksesoris," imbuhnya.
 
Tips keempat yang perlu Anda ingat adalah: lihat ke atas! Jangan lupakan plafon Anda. "Daripada menggunakan putih sederhana," ujar Lewis, "Cobalah menggunakan warna dinding Anda dalam nuansa lebih lembut."
 
Tips kelima, Lewis mengharapkan Anda agar tidak melupakan pintu rumah Anda. Cobalah menggunakan warna gelap sebagai warna pintu di interior rumah Anda. Warna gelap akan memberikan daya tarik sekaligus kedalaman. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com