Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bidik Pasar Komersial, Perumnas "Jemput Bola" ke Semarang

Kompas.com - 28/03/2014, 15:52 WIB
Tabita Diela

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Perum Perumnas mulai jeli melihat peluang. Melalui anak perusahaannya, yaitu PT Propernas Griya Utama (PGU), Perumnas kini merambah properti komersial, khususnya di Semarang, Jawa Tengah.

Langkah pengembang plat merah tersebut dinilai tepat, karena seiring dengan pesatnya pertumbuhan pasar komersial di Semarang. Pertumbuhan pasar komersial di kota itu saat ini tumbuh sampai 12 persen per tahun.

Terhitung sejak pemancangan batu pertama yang dilaksanakan, Jumat (28/3/2014) di Semarang, Perumnas secara resmi memulai pembangunan 27 proyek strategis dan proyek properti di bawah bendera Sentraland. Sentraland juga akan dikembangkan di Pontianak, Surabaya, dan Bandung. Khusus untuk proyek di Semarang, proyek tersebut sekaligus menjadi proyek komersial pertama PGU di kota tersebut.

Direktur Utama Perumnas Himawan, Arief Sugito, mengatakan bahwa Sentraland Semarang dibangun untuk memenuhi kebutuhan pasar komersial di Semarang.

"Kota ini dinilai salah satu kota terbaik untuk berbisnis," kata Arief.

Pendapat tersebut didukung oleh Senior Associate Director and Head of Research & Advisory Cushman & Wakefield Indonesia, Arief N Rahardjo. Menurut dia, Semarang dipandang sebagai salah satu kota yang potensial untuk berbisnis di sektor ritel.

"Kota ini punya keunggulan dari segi lokasi, populasi, serta juga daya beli," kata Arief.

Sentraland Semarang juga dipandang sebagai bentuk nyata diversifikasi produk properti Perum Perumnas untuk membidik pasar menengah atas. Menurut data yang dihimpun Kompas.com, sebelum acara pemancangan batu pertama Sentraland Semarang, proyek ini akan dibangun dengan konsep "mixed use building". Adanya ruang kantor, apartemen, hotel dan kondotel, SOHO (Small Office Home Office), serta ruang ritel di satu proyek memang mengerucutkan sasaran konsumen.

Proyek ini dibangun di atas lahan seluas 6,770 m2 milik Perumnas dan berada di Jalan Ki Mangunsarkoro. Lokasinya tak jauh dari pusat kota Semarang, khususnya daerah Simpang Lima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com