Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubai Punya Cara Menjadi Kota Dunia

Kompas.com - 27/03/2014, 19:54 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber albawaba
KOMPAS.com - Dubai sudah siap menerima 25 juta pengunjung saat menjadi tuan rumah penyelenggaraan World Expo tahun 2020 mendatang, sekaligus destinasi bisnis dan investasi utama kelas dunia.

Kesiapan tersebut tidak hanya diperlihatkan Dubai, melainkan juga negara Uni Emirat Arab secara umum. Pasalnya, World Expo 2020, merupakan batu loncatan bagi pemangku kebijakan Dubai dalam mengelola kotanya menjadi berkelas internasional, efisien, dan berkelanjutan.

Kepala Seksi Perencanaan dan Penelitian pada Departemen Perencanaan Kota Dubai, Saleh Mohammad Najeeb, mengharapkan, Dubai menjadi kota efisien dan berkelanjutan. Masuknya  jutaan pengunjung pada tahun 2020 nanti bisa diatasi dengan pengawasan tepat.

"Ketika kami mulai mempersiapkan rencana, pertimbangan pertama adalah merancang pertumbuhan kota dan juga tingkat pertumbuhannya. Kami memandang tiga skenario yang berbeda; rendah, sedang dan cepat. Kami juga mengadopsi skenario pertumbuhan skala menengah, dan pada tahun 2020 mengharapkan pertambahan penduduk menjadi 2,8 juta jiwa," ujar Saleh.

Tahun 2010, Dewan Eksekutif Dubai telah menunjuk sebuah komite pengarah yang terdiri atas Pemerintah Kota Dubai, Otoritas Jalan dan Transportasi, Otoritas Air dan Energi, Otoritas Penerbangan, Departemen Pertahanan dan Otoritas Maritim.  Enam badan ini sejak awal bertanggung jawab terhadap perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan rencana induk Dubai 2020.

Mereka merancang Dubai maju beberapa langkah ke depan sebelum mengajukan tawaran menjadi tuan rumah World Expo 2020. Persiapan terutama ditekankan pada pemulihan pasca-krisis 2008 serta merevisi semua rancangan tata ruang wilayah.

"Kami mengadopsi pendekatan yang tepat dengan prediksi pertumbuhan penduduk 4,2 persen per tahun. Empat tahun lalu, jumlah penduduk Dubai tercatat sebanyak 1,9 juta dan pada akhir tahun lalu mencapai 2,23 juta," ungkap Saleh.

Guna mengakomodasi ledakan penduduk, Dubai juga sedang memperluas wilayah kota menjadi 38.000 hektar. Perluasan wilayah dilengkapi juga dengan perbaikan dan penambahan infrastruktur senilai miliaran dollar AS dengan membangun jalan bypass, dikenal sebagai Emirates Road, membangun taman matahari Mohammad Bin Rashid Al Maktoum, proyek kanal Dubai, kota baru Mohammad Bin Rashid, dan venue utama World Expo 2020 yang berada di sebelah Dubai World Central.

Perencanaan kota juga mencakup evaluasi jumlah kantor dan ruang ritel yang dibutuhkan pada tahun 2020. Diperkirakan pada tahun itu, Dubai sudah mampu memasok 6,9 juta meter persegi ruang kantor dan 6,5 juta meter persegi ruang ritel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber albawaba

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com