Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini, Tampilan Stadion Baru AS Roma

Kompas.com - 27/03/2014, 19:01 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Klub Seri A Liga Italia, AS Roma bakal punya stadion baru megah nan modern bertajuk Stadio Della Roma.

Selama ini, I Giallorossi  berbagi stadion Olimpico dengan Klub Lazio. Meski menumpang, AS Roma sukses memenangkan gelar Seri A tiga kali sepanjang sejarah 86 tahun usia mereka.

Woods Bagot merancang stadion yang secara resmi akan digunakan pada musim laga 2016/2017 mendatang. Stadion ini memiliki kapasitas 52.500 tempat duduk dengan estimasi ongkos konstruksi senilai 250 juta poundsterling atau setara Rp 4,7 triliun.

Woods Bagot memaparkan, inspirasi Stadio Della Roma ini berasal dari bangunan bersejarah Colosseum. "Untuk seorang arsitek yang telah menghabiskan sebagian besar karirnya merancang stadion, dan berlibur di Italia, Stadio Della Roma ini merupakan proyek seumur hidup," ujarnya.

www.bdonline.co.uk Stadio Della Roma akan digunakan secara resmi pada musim laga 2016/2017 mendatang.
Fitur yang menonjol dari struktur stadion ini adalah bentuk baru curva sud. Selama ini, pendukung fanatik AS Roma menjadikan curva sud di Stadion Olimpico sebagai basis mereka. Nah, di Stadio Della Roma, keberadaan mereka diakomodasi dengan curva sud versi baru berkapasitas 14.800 kursi dan terpisah dari kursi mayoritas lainnya.

Tak hanya untuk pergelaran sepakbola, stadion yang berlokasi di barat daya kota Roma ini kelak juga bisa digunakan sebagai venue acara-acara lain seperti konser musik, pameran arsitektur, seni instalasi, atau bahkan pertunjukan teater.

Selain modern, Stadio Della Roma juga dilengkapi teknologi mutakhir. Ini direpresentasikan dengan penggunaan lift besar berskema hidrolik yang memungkinkan pemain diangkut dari kamar ganti hingga ke lapangan hijau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com